alexametrics

Agar Selalu Prima, Ini Cara Merawat "Motor Sport" Anda

Fabiola Febrinastri
Agar Selalu Prima, Ini Cara Merawat "Motor Sport" Anda
(Sumber: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)

Kendaraan 150cc merupakan tunggangan gesit dengan segudang prestise.

Suara.com - Salah satu moda transportasi yang dinilai bisa mewakili gaya hidup, sekaligus mempermudah perjalanan di kota besar yang padat kendaraan adalah motor sport. Saat ini, motor jenis tersebut sukses merebut hati para pecinta otomotif di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

Motor sport 150cc tak hanya gesit memecah macetnya kota, tapi juga merupakan tunggangan dengan segudang prestise. Tampilannya yang stylish, yang dipadu dengan teknologi mumpuni, serta kemampuannya menembus kemacetan membuat motor sport layak dimiliki.

Bahkan bagi para kolektor kendaraan cepat, motor sport wajib menjadi salah satu koleksinya.

Nah, bagi yang terlanjur jatuh cinta, sebaiknya Anda juga tahu cara perawatannya. Perawatan yang benar tak hanya akan menjadikannya awet good looking, tapi mesinnya pun tetap dalam kondisi prima.

 

Berikut beberapa tips untuk perawatan motor sport Anda:
1.    Hidupkan motor setiap hari
Tips ini berlaku bagi Anda yang jarang menggunakan motor sport-nya atau menggunakannya hanya pada saat weekend. Setiap hari, sempatkanlah waktu untuk menghidupkan mesin motor Anda paling tidak selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa motor sport Anda tetap berfungsi seperti seharusnya.

2.    Cek selang dan pompa bahan bakar secara berkala
Jika motor Anda sudah melaju sejauh 2.000 kilometer, maka disarankan untuk memeriksa selang bahan bakar. Selang yang kotor akan mempengaruhi kinerja injection memasukkan bahan bakar ke mesin motor.

Selain selang bahan bakar, pompa bahan bakar pun harus rutin dicek. Caranya, hidupkan motor dan dengarkan suara dari tangki bahan bakar secara seksama. Jika timbul suara berdesing, maka Anda diminta untuk segera menguras tangki bahan bakar di bengkel resmi terdekat.

3.    Cek oli mesin
Oli merupakan bahan vital, karena berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Jika Anda memakai kendaraan Anda setiap hari, maka disarankan untuk mengganti oli setiap sebulan sekali. Namun jika Anda jarang menggunakannya, ganti oli cukup dilakukan dua bulan sekali.

4.    Gunakan bahan bakar berkualitas
Motor sport merupakan produk spesial dengan kualitas yang spesial pula. Berbeda dengan motor kebanyakan, motor sport terdiri dari komponen-komponen berkualitas tinggi, sehingga Anda pun disarankan untuk memakai bahan bakar yang setara dengannya. Jenis Pertamax sangat direkomendasikan.

Saat ini, ada pabrikan yang menyediakan motor sport dengan kecanggihan teknologi. Sebaiknya pilih yang telah dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA), karena membuat tenaga mesin motor sport semakin besar tetapi irit bahan bakar.

5.    Servis secara berkala
Jika telah melakukan perjalanan sejauh 3.000 kilometer, Anda disarankan untuk servis di bengkel resmi terdekat. Servis berkala bertujuan untuk merawat komponen-komponen motor, sekaligus mengganti komponen yang rusak, jika ada.

Salah satu produk yang banyak dipakai para penggemar motor sport adalah All New R15. Motor yang dijuluki “Baby R6” ini sudah memiliki banyak penggemar. Hingga 2016, sudah ada 137 komunitas R15 di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Adapun spesifikasi All New R15 adalah sebagai berikut:
Overall Length x Width x Height       : 1990 x 725 x 1135 mm
Seat Height                                         : 815 mm
Wheelbase                                           : 1325 mm
Wet Weight                                         : 137 kg
Engine Type                                        : Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder Arrangement                        : Single cylinder
Cylinder Volume                                : 155.1cc
Bore x Stroke                                      : 58 x 58.7 mm
Compression Ratio                              : 11.6 : 1
Maximum Power                                 : 14.2 kW / 10000 rpm
Maximum Torque                                : 14.7 Nm / 8500 rpm
Starting System                                   : Electric
Fuel Tank Capacity                             : 11 Liter
Fuel System                                        : Fuel Injection
Clutch Type                                        : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size (Front/Rear)                         : 100/80-17M/C 52P (Front) 140/70-17M/C 66S (Rear)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik http://www.yamaha-motor.co.id/product/all-new-r15.