"Hypercar" Penerus LaFerrari Akan Muncul Sebelum 2022

Arsito Hidayatullah | Insan Akbar Krisnamusi
"Hypercar" Penerus LaFerrari Akan Muncul Sebelum 2022
Mobil sport mewah LaFerrari. (Shutterstock)

Teknologi hypercar itu selanjutnya juga direncanakan bisa dipakai model lainnya.

Suara.com - LaFerrari bisa dikatakan adalah hypercar tercepat dan terganas yang dimiliki oleh Ferrari saat ini. Kini, penerus LaFerrari dinyatakan bakal muncul sebelum 2022.

Chief Technology Officer Ferrari, Michael Leiters, seperti diwartakan laman Autocar pada Senin (8/5/2017), mengungkapkan bahwa pabrikan asal Italia tersebut sebentar lagi akan mulai mengerjakan sang penerus LaFerrari. Hal itu dilakukan setelah mereka kelar memperbarui strategi perencanaan produk jangka menengah, juga riset dan pengembangan yang sedang dilakukan saat ini.

"Saat kami sudah mendefinisikan roadmap baru kami untuk teknologi dan inovasi, kami selanjutnya akan melihat pada model pengganti LaFerrari," kata Leiters.

Roadmap Ferrari sendiri, lanjut dia, diperkirakan selesai dalam enam bulan. Oleh karena itu, ia memperkirakan bahwa suksesor LaFerrari kemungkinan bisa diwujudkan sebelum 2022.

"Tebakan saya, hypercar edisi terbatas itu bisa terjadi sekitar tiga hingga selambat-lambatnya lima tahun dari sekarang. Rencana kami juga adalah memastikan teknologi yang digunakan di hypercar selanjutnya akan bisa diturunkan pula di lini model yang lain," papar dia.

Leiters sendiri belum bisa mendefinisikan seperti apa hypercar yang lebih hebat dari LaFerrari. Akan tetapi, ia memastikan bahwa hypercar itu tidak akan menggunakan mesin mobil balap Formula One (F1).

"Model F50 kami sudah menggunakan mesin F1. Tapi di situ banyak bagian yang harus diubah," tegas dia.

LaFerrari sendiri cuma dibuat sebanyak 499 unit. Dapur pacunya memadukan mesin bensin 6.262 cc V12 yang memproduksi tenaga 800cv dengan motor listrik yang mengeluarkan daya 163cv. Total tenaga yang dihasilkan dari teknologi hibrida Ferrari ini adalah 960cv.

Akselerasi 0-100 km/jam bisa digapai LaFerrari dalam waktu di bawah 3 detik, dengan kecepatan 0-200 km/jam disentuh sebelum 7 detik. Sementara itu, kecepatan puncaknya lebih dari 350 km/jam.

Ferrari juga membuat versi atap terbukanya yang diberi nama LaFerrari Aperta dan hanya dibuat sebanyak 200-an unit.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS