Super Boros, Konsumsi Bensin Bugatti Chiron 4 Km per Liter

Dythia Novianty | Insan Akbar Krisnamusi
Super Boros, Konsumsi Bensin Bugatti Chiron 4 Km per Liter
Bugatti Chiron. [Motor1]

Bugatti Chiron sangat boros karena mengonsumsi bensin 4 Km per Liter.

Suara.com - Tenaga puncak mencapai 1.500hp dan mesin berkapasitas sangat besar, bensin yang harus 'diminum' hypercar Bugatti Chiron luar biasa banyak. Menurut tes di Amerika Serikat, konsumsi bensinnya mencapai 11 mil per galon (4,6 km per liter) di medan kombinasi perkotaan dan jalan bebas hambatan.

Itulah ganjaran yang harus dialami konsumen-konsumen kaya raya untuk mendapatkan performa eksepsional Chiron. Pengujian itu sendiri, seperti diwartakan Motor1, Jumat (28/7/2017), dilakukan oleh Environmental Protection Agency (EPA) di 'Negeri Paman Sam'.

Di jalan bebas hambatan, konsumsi bensin Chiron relatif lebih baik--meski hitungannya tetap luar biasa boros--dengan 14 mil per galon (5,9 km per liter). Sementara, di jalanan perkotaan padat, pemakaian bahan bakar mencapai 9 mil per galon (3,8 km/l).

Karena itu, bayangkan bagaimana jika saja di Indonesia, khususnya di Jakarta atau Surabaya yang macet, ternyata ada konglomerat yang memiliki hypercar teranyar Bugatti ini. Setiap 3-4 km, ia mesti mencari terus mencari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sebab bensinnya sudah mau habis.

Tentu saja, dengan harga jual yang di AS saja menyentuh 3 juta dollar AS (Rp39,9 miliar), para pembeli Chiron tentunya memiliki uang yang 'tak berseri' sehingga tak akan keberatan dengan konsumsi bensinnya yang amat boros. Tapi, pastinya, mereka akan direpotkan untuk mencari-cari SPBU dalam jarak yang pendek.

Chiron sendiri dipersenjatai oleh mesin bensin 8.0 l, 16 silinder. Seakan belum cukup dengan kapasitas yang masif itu, Buggati masih menambahkan dapur pacu Chiron dengan empat turbocharger.

Chiron merupakan yang paling boros di antara supercar atau hypercar dengan kemampuan yang hampir setara dengannya. Konsumsi bahan bakar Chiron sedikit lebih buruk dari Ferrari F12tdf atau pun Lamborghini Aventador.

Sebagai gantinya, adrenalin sang pemilik akan terpacu oleh akselerasi 0-100 km per jam yang cuma butuh 2,3 detik plus kecepatan puncak 261 mil per jam (420 km per jam).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS