Lima Komponen Radiator Mobil yang Harus Dirawat Agar Awet

Ririn Indriani | Insan Akbar Krisnamusi
Lima Komponen Radiator Mobil yang Harus Dirawat Agar Awet
Ilustrasi radiator mobil kepanasan (Shutterstock).

Apa saja lima komponen radiator mobil yang harus dirawat?

Suara.com - Radiator mobil juga butuh beberapa perawatan tertentu, tapi jika tidak tahu cara merawatnya, siap-siap saja radiatornya tidak berumur panjang.

Radiator yang tidak dirawat dengan baik, cepat atau lambat bakal membuat pengemudi dan penumpang mobil repot sendiri. Mesin akhirnya gampang overheat dan tiap itu terjadi, kendaraan harus dipinggirkan untuk menunggu dapur pacu dingin kembali.

Untuk mencegah gangguan tersebut, ada lima hal yang wajib dilakukan agar radiator awet plus tak gampang rusak, seperti dijabarkan dalam laman daring bengkel AC Rotary Bintaro.

1. Ganti Air Radiator
Seringkali, pemilik kendaraan cuek terhadap water coolant atau cairan pendingin radiator. Padahal, radiator rentan terhadap kotoran yang lama-lama bisa menggumpal dan menghambat saluran.

Untuk menghindari itu, ganti air radiator dengan terlebih dahulu mengurasnya. Ini bisa dilakukan sendiri atau oleh teknisi di bengkel.

2. Perhatikan Selang Radiator
Selang radiator mobil berfungsi menghubungkan radiator ke mesin. Selang yang bermasalah membuat radiator tak mampu menjalankan tugas mendinginkan mesin, sehingga overheat terjadi. Meski kebanyakan selang radiator terbuat dari karet tahan panas, tak ada salahnya mengecek secara rutin apakah bagian ini mengalami keretakan atau tidak. Ganti pula selang radiator yang sudah berumur.

3. Pastikan Kondisi Klem Selang Radiator
Klem selang radiator mobil berguna mengikat selang radiator dengan pilar radiator, agar posisi keduanya tetap rapat. Apabila bagian ini sudah mulai longgar, air radiator mudah merembes ke mesin atau komponen AC. Efeknya, mesin dan AC rentan rusak. Jika klem selang radiator longgar, kencangkanlah, tapi jangan terlalu ketat.

3. Periksa Tutup Radiator
Keraplah memeriksa seal atau karet di tutup radiator. Jika karet tutup radiator tidak lagi berfungsi dengan baik, sirkulasi air panas dari radiator ke reservoir bakal terhambat, sehingga air panas itu malah akan terkirim kembali ke bagian mesin. Efeknya, suhu dalam radiator serta mesin meningkat perlahan.

5. Cek Kipas Pendingin Radiator
Gampang ditebak, fungsi komponen ini ialah menetralisir panas. Kipas pendingin radiator mobil, dalam kondisi normal, bekerja secara otomatis saat mesin berada dalam suhu kerja yang sesungguhnya. Cara mengeceknya mudah yaitu lihat apakah kipas berputar atau tidak.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS