Ini Alasan Honda Hilangkan Kick Starter pada All New Vario

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Alasan Honda Hilangkan Kick Starter pada All New Vario
Honda All New Vario diluncurkan di Jakarta, Senin (16/4). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Honda All New Vario sudah menggunakan teknologi smart keyless sehingga tak lagi butuh kick starter.

Suara.com - PT Astra Honda Motor (AHM), pada Senin (16/4/2018), resmi meluncurkan varian All New Vario dengan beberapa penyegaran, termasuk yang paling menonjol adalah hilangnya starter kaki atau kick starter.

AHM mengaku bahwa perubahan itu mengikuti jejak rekan mereka di Vietnam dan mengatakan itu tak akan memengaruhi fungsi dari Honda All New Vario.

"Honda Vietnam sudah mulai menghilangkan fitur ini. Kami juga ingin menunjukkan bila kami juga bisa mengembangkan teknologi ini. Tentunya tidak akan ada masalah terhadap produk," kata Presiden Direktur PT. AHM, Toshiyuki Inuma, saat peluncuran All New Vario, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sementara itu, Ryoji Imai selaku Project Leader Honda Motorcycle menjelaskan, penggunaan smart keyless memaksa Vario berubah dan korbannya adalah kick starter.

"Lay out untuk penempatan baterai dan kelistrikan perlu dilakukan perubahan. Hal ini juga sudah dipakai di PCX dan pengembangannya memang sudah kearah sana," ucap Ryoji Imai.

Selain itu, penghilangan kick starter juga bukan tanpa alasan. Dari survei yang dilakukan terhadap konsumen fitur ini dianggap memang kurang terpakai.

Varian All New Vario ditargetkan dapat terjual sebanyak satu juta unit dalam satu tahun. Vario 125 diharapkan dapat terjual sekitar 600.000 unit dan Vario 150 dipatok 400.000 unit.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS