Terkejutnya Zarco Raih Pole di Le Mans

Iwan Supriyatna | Arief Apriadi
Terkejutnya Zarco Raih Pole di Le Mans
Pebalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco. [AFP/Juan Mabromata]

"Saat saya melihat catatan waktu 31,185 detik, saya sangat terkejut,"

Suara.com - Pebalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco berhasil meraih pole position di seri kelima MotoGP 2018 yang akan berlangsung di kampung halamannya, Sirkuit Le Mans, Perancis yang akan berlangsung malam nanti, Minggu (20/5/2018).

Zarco berhasil menduduki start terdepan setelah mencatatkan waktu lap terbaik, satu menit 31,185 detik di sesi kualifikasi kedua, Sabtu (19/5/2018).

Catatan waktu itu, mengungguli pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yang harus puas start di posisi kedua dengan catatan waktu, satu menit 31,293 detik, atau terpaut 0,108 detik dari waktu lap milik Zarco.

Keberhasilannya meraih pole di Sirkuit Le Mans, ternyata mencatatkan sejarah tersendiri. Pebalap satelit Yamaha itu berhasil mengulangi catatan Christian Sarron, sebagai pebalap Perancis yang mampu meraih posisi start terdepan di "rumah sendiri" pada kelas premiere. Sarron meraihnya pada 1988, atau 30 tahun silam.

Sementara, Zarco tak mengira akan meraih pole. Dirinya pun kaget dengan catatan waktu yang diraihnya di sesi kualifikasi.

"Saya merasa sangat baik dan ini (raihan pole position) sangat emosional bagi saya," kata Johann Zarco, seperti dikutip dari Crash, Minggu (20/5/2018).

"Saya tak menduga bisa meraihnya (pole position). Saat saya melihat catatan waktu 31,185 detik, saya sangat terkejut," sambung pebalap 28 tahun tersebut.

Zarco menilai, pencapaian bagusnya itu tak terlepas dari dukungan mekanik handal tim Tech3 dan dukungan publik tuan rumah. Kedua hal itu telah memberikan energi positif bagi dirinya.

"Saya rasa ban baru bisa meningkatkan kecepatan saya di awal lap, jadi saya mencobanya, dan itu bekerja sangat baik. pekerjaan yang kami lakukan dengan mencoba menggunakan jenis ban lain, sangat luar biasa," ujar Zarco yang musim ini sukses meraih dua podium.

"Saya berterimakasih banyak pada para pendukung disini, karena mereka memberikan saya banyak energi positif. Mari kita lihat, apakah energi ini cukup untuk memenangi balapan nanti," tambah pebalap yang musim depan beralih ke pabrikan Austria, KTM.

Untuk diketahui, Sirkuit Le Mans menjadi lintasan yang "ramah" bagi para pebalap Yamaha beberapa musim terakhir. Dari 2016, pebalap Yamaha seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Zarco sendiri, bergantian menaiki podium di Sirkuit legendaris yang dibangun 1965 itu.

Fakta itu membuat Zarco percaya diri untuk meraih kemenangan pertama di MotoGP musim ini. Namun, melihat kecepatan yang dimiliki Marc Marquez, dirinya menyadari hal itu tak akan mudah diwujudkan.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS