Mudik Pakai Head Unit Aftermarket

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mudik Pakai Head Unit Aftermarket
Ilustrasi in-car-entertainment (ICE) dengan head unit di dasbor [Shutterstock]

Panduan membuat kegiatan "kesenian" di mobil pemudik makin meriah.

Suara.com - Bila Anda ikut serta dalam gempita Mudik Lebaran 2018 bersama mobil pribadi, masih ada kesempatan untuk menjadikan peranti hiburan di kendaraan makin yahud. Empuk membelai telinga (audio), dan nyaman ditatap mata (video), sehingga perjalanan jauh pun tidak terasakan. Semuanya bisa disajikan oleh head unit (HU).

Agar luaran audio dan video lebih greget, kompartemen "kesenian", hiburan, atau entertainment dalam mobil biasanya dirombak. Terutama terjadi pada mobil baru, para pemiliknya mentargetkan untuk melakukan penggantian head unit. Salah satu alasannya, demi mendapatkan hiburan lebih lengkap.

Namun, menurut Darmawan, Sales Manager Asuka Car TV, mengganti head unit tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, tidak jarang pemasangan "otak kesenian mobil" itu  justru mengganggu sistem kelistrikan mobil dan berujung dengan kejadian sirkuit pendek atau korsleting.

"Penyebabnya adalah pemotongan kabel dengan cara yang tidak benar. Atau penutup kabel kurang rapat, sehingga terjadi peristiwa korsleting tadi," analisanya di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Lebih detail lagi dipaparkan bahwa saat ini, umumnya mobil telah dilengkapi sistem audio yang  terintegrasi dengan komponen komputer canggih. Dikhawatirkan, bila dicopot dan terjadi gangguan sistem kelistrikan, sudah bisa dipastikan garansinya tidak bisa digunakan.

Untuk menghindari masalah seperti ini, Asuka telah menyiapkan stopkontak atau socket khusus  bagi berbagai merek mobil. Hasil akhirnya dianggap lebih aman, karena peranti ini menggunakan sistem plug and play dan mudah terhubung dengan socket pada mobil.

"Tidak ada acara memotong kabel, karena dibuat sistem kedua stopkontak bisa dipertemukan," klaim Darmawan. "Dengan demikian, sistem kelistrikan mobil tidak terganggu."

Untuk bisa menikmati head unit dari Asuka, konsumen perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000.000 - 7.500.000.  Asyiknya, produk otak kesenian mobil ini sudah kompatibel dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS