facebook

Terlalu Ceper, Mobil Bergaya Camber Terjebak Polisi Tidur

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Terlalu Ceper, Mobil Bergaya Camber Terjebak Polisi Tidur
Toyota FR-Z mesti didorong melewati polisi tidur [YouTube: ViralHog].

Memodifikasi tunggangan sah-sah saja, namun inilah konsekuensi keruwetannya.

Suara.com - Modifikasi menjadi salah satu cara membuat tampilan besutan menjadi semakin menarik lagi selaras keinginan. Banyak sudah ide liar ditelurkan dari aktivitas ini. Hasilnya pun beragam. Tampak manis, garang, gagah, sampai mengundang tanda tanya. Tanpa mengabaikan unsur apresiasi tentunya.

Gaya camber adalah modifikasi atas kendaraan roda empat (R4) dengan tampilan menghasilkan sudut yang dibuat roda terhadap jalan, dan tampak secara visual dari depan dan samping.

Bila roda miring ke arah luar terhadap garis vertikal, maka disebut positive camber. Dan sebaliknya.

Salah satu komunitas R4 yang menerapkan gaya camber atas tunggangan modifikasi adalah JDM dari Amerika Serikat. Mereka tercatat gemar memodifikasi kendaraannya dengan sangat ekstrem.

Baca Juga: Viral Polisi Berulah di Pintu Tol, Dirlantas Polda Minta Maaf

Mengutip Autoevolution, sebuah Toyota FR-S dimodifikasi total pada bagian kaki-kakinya demi mendapatkan gaya positive camber. Dengan tampilan seperti demikian, jarak antara mobil dengan permukaan aspal hanya tersisa beberapa centimeter saja!

Konsekuensi bila terlalu ceper [YouTube: ViralHog].
Konsekuensi bila terlalu ceper [YouTube: ViralHog].

Bila meminjam istilah para pelaku modifikasi zaman old, jarak ini disebut, "sangat ceper sampai kaleng minuman bersoda atau kotak rokok pun tak bisa lewat di kolongnya."

Dari unggahan video yang ditampilkan ViralHog, tampak bahwa Toyota FR-S warna hitam itu sukses tersangkut di polisi tidur akibat terlalu ceper. Alhasil beberapa anggota komunitas mesti mendorong dari belakang agar mampu melewati polisi tidur, sedangkan satu orang berdiri di depan bermodalkan sebuah penyangga agar mempermudah lewat.

Meski terlihat memiliki tampilan sangat menarik, namun modifikasi ekstrem seperti ini bakal sangat merepotkan. Terlebih bila berbicara soal keamanan berkendara, modifikasi seperti ini tentu jauh dari kata aman.

Beberapa pecinta modifikasi yang gila akan gaya camber biasanya menggunakan suspensi udara agar posisi mobil bisa kembali pada keadaan standar. Namun pada video ini terlihat pemilik memilih modifikasi suspensi yang lebih murah dengan cara langsung menguncinya ke bagian roda.

Baca Juga: Dapat Respon Positif, Milla Tiba di Indonesia Akhir Pekan Ini

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS