Ini Dia: Dua Mobkas Terlaris versi OLX

RR Ukirsari Manggalani
Ini Dia: Dua Mobkas Terlaris versi OLX
Ilustrasi jual beli mobil bekas [Shutterstock].

Platform jual-beli kendaraan ini memberikan kemudahan berdasar kecepatan jangkauan.

Suara.com - Sampai saat ini, kendaraan 7-seater di Tanah Air, seperti Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas atau mobkas. Begitulah yang dipaparkan OLX, platform mobkas online yang beroperasi di Indonesia dengan pengguna mencapai lebih dari 9.000 dealer mobkas.

Menurut OLX Indonesia, dari tahun ke tahun, dealer memasarkan mobkas satu ini, sementara dari sisi pembeli, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobkas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang terjangkau dan efisien dalam soal bahan bakar menjadi daya tarik Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar wisatawan ke berbagai destinasi wisata. Persediaan dealer mobkas di Bali yang bergabung dengan OLX pun menyatakan bahwa harga jual mobkas satu ini tetap stabil, meskipun telah dipakai antara tiga sampai lima tahun.

Lantas di posisi kedua, mobkas paling disuka adalah Honda Jazz. Pasokan mobkas jenis ini tersedia dalam jumlah besar, sekaligus paling banyak dicari oleh konsumen OLX dengan konsentrasi penjualan di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar. Peminatnya rata-rata kaum perempuan, seperti ibu-ibu usia muda dn mahasiswi, dengan memperhitungkan unsur desain yang compact.

Berbincang soal OLX sendiri, platform ini telah eksis lebih dari sepuluh tahun silam. Mobkas elah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis atau dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

"Kecepatan menjual dan jangkauan yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX," demikian papar Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia.

Dari kiri ke kanan: Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia; Kamalesh Bathala Chandrasekar, Head of Marketplace Development and Operations OLX Indonesia; Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia; dan Agung Iskandar, Head of CTx OLX Indonesia [Dok. OLX].
Dari kiri ke kanan: Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia; Kamalesh Bathala Chandrasekar, Head of Marketplace Development and Operations OLX Indonesia; Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia; dan Agung Iskandar, Head of CTx OLX Indonesia [Dok. OLX].

Melihat pertumbuhan yang positif pada kategori mobil, OLX pun memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya pada kategori ini dengan menghadirkan layanan dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna melakukan jual-beli mobil melalui platform ini, seperti menambahkan detail informasi tentang mobil, serta menampilkan profil khusus para dealer (Profil Penjual Profesional).

Menyoal fokus bisnis terbaru ini, OLX meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal Oktober 2018. Kampanye ini menjadi bagian dari upaya OLX dalam mengembangkan ekosistem mobkas terbesar dan paling komprehensif.

"Posisi OLX sebagai pemimpin di industri mobil bekas tidak lepas dari para dealer yang selama ini mempercayakan bisnisnya pada platform kami. Setidaknya, tahun ini terdapat ribuan dealer mobil bekas yang mempercayakan bisnisnya kepada OLX. Kami harap, jumlahnya akan meningkat setiap tahun," pungkas Olaf van Schagen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS