Perusahaan Ini Kembangkan Motor Listrik Bertenaga Besar

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perusahaan Ini Kembangkan Motor Listrik Bertenaga Besar
Skuter listrik dan shelter di salah satu sudut kota Moskwa, Rusia. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Desain dan bobot berbeda dibandingkan tipe sport. Namun soal performa, simaklah di sini.

Suara.com - Motor listrik terus dikembangkan sebagai tunggangan masa depan. Termasuk yang tengah dikembangkan sebuah perusahaan asal Inggris bernama Zapp.  Produsen ini siap melemparkan skuter listrik unik.

Mengutip Motosaigon, motor listrik yang dikembangkan Zapp, yaitu i300 e-scooter memang terlihat sangat mungil. Desainnya pun bisa dibilang menyerupai sepeda lipat.

Namun untuk urusan tenaga, motor ini rupanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Tenaga putaran bawahnya disebut lebih besar lima kali lipat dari Honda CBR1000RR.

Tunggangan ramah lingkungan tadi sangat ringan pula. Hanya memiliki bobot 90 kg. Bobot ini tentu terpaut jauh bila dibandingkan sepeda motor pada umumnya.

Skuter listrik dari Zapp, i300 [zappscooter.com].
Skuter listrik dari Zapp, i300 [zappscooter.com].

Untuk urusan tenaga, motor listrik ini diklaim mampu meletupkan tenaga sebesar 19 daya kuda, namun torsi yang dihasilkan mencapai 587 Nm. Benar-benar sebuah kekuatan besar, dibandingkan CBR1000RR yang cuma mencapai 114 Nm.

Soal akselerasi, dari 0 - 48 km per jam mampu dicapai dalam waktu sekitar 2,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 96 km per jam. Seluruh tenaga disuplai menggunakan baterai Li-ion ultra ringan.

Dengan daya penuh baterai, sepeda motor yang memiliki tenaga responsif di putaran bawah tadi mampu menempuh jarak hingga 60 km. 

Begitulah produk dari Zapp, i300 e-scooter yang siap meramaikan pasar roda dua (R2) dunia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS