Sehabis Perjalanan Jauh, Perlukah Periksa Kaki-Kaki Mobil?

Vania Rossa | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sehabis Perjalanan Jauh, Perlukah Periksa Kaki-Kaki Mobil?
Ilustrasi seorang teknisi sedang mengganti ban mobil (Shutterstock).

Begitu juga sebelum melakukan perjalan jauh, wajib memeriksakan kaki-kaki mobil.

Suara.com - Bagian kaki-kaki pada mobil merupakan komponen yang krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara .

Usai menempuh perjalanan panjang, ada baiknya memeriksa komponen mulai dari tie rod , long tie rod, bearing, ball joint, serta bushing arm. Semua komponen tersebut juga tak kalah penting untuk diperiksa dan dipastikan fungsinya.

Karena bila salah satu mengalami kerusakan, meski sudah melakukan proses spooring dan balancing, tetap saja mobil tidak akan nyaman saat dikendarai.

“Kalau diuraikan memang komponen kaki-kaki tidak kalah kompleks dengan mesin,” jelas Indah Yuliana, Kepala Cabang Auto2000 Cikarang, dikutip dari laman Auto2000.

“Ada banyak sektor komponen yang terkait antara satu dan lainnya, jadi bila salah satu komponen rusak akan memengaruhi fungsi komponen lainnya juga,” tambahnya.

Ambil contoh seperti kerusakan pada tie rod yang bisa mengakibatkan sistem pengendalian pada mobil terganggu. Perlu diketahui, tie rod sendiri merupakan penghubung antara bagian roda dengan ujung steering rack.

Jadi, saat steering rack bergerak ke salah satu arah, gerakan tersebut akan diteruskan untuk membelokan roda. Tie rod sendiri juga terhubung dengan ball joint yang berguna sebagai sumbu ketika roda digerakkan.

“Paling aman saat sudah merasakan adanya perbedaan ketika berkendara, baiknya jangan tunda untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi,” tutup Indah.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS