Asyik, Honda PCX Electric Resmi Dikenalkan !

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Asyik, Honda PCX Electric Resmi Dikenalkan !
Honda PCX Electric yang diluncurkan Kamis (31/1/2019) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Durasi pengisian baterai sekitar 4 - 6 jam, mari ramai-ramai gunakan energi terbarukan.

Suara.com - PT Astra Honda Motor (AHM), pada hari ini, Kamis (31/01/2019), resmi memperkenalkan motor Honda listrik pertama, yaitu Honda PCX Electric di Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Utara.

Honda PCX Electric pertama kali dipamerkan melalui Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Kini, AHM memproduksinya secara lokal di pabrik perakitan Sunter, Jakarta.

Presiden Director AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan bahwa Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor. Yaitu suatu teknologi yang sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

"Kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia," ujar Toshiyuki Inuma.

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan sejalan dengan arah perkembangan industri yang dicanangkan pemerintah, Honda PCX Electric menjadi tonggak pertama dalam mengembangkan produk motor listrik dan layanan terbaiknya bagi pencinta sepeda motor di Tanah Air.

"Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik. Melainkan menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri untuk mengantarkan kelahiran Honda PCX Electric ini," kata Johannes Loman.

Honda PCX Electric dikembangkan dari Honda PCX yang sudah terlebih dahulu dipasarkan. Tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih kompak.

Motor listrik PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion, masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) agar mendapatkan efisiensi energi dan performa motor listrik yang optimal.

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack mampu terisi penuh dalam pengisian selama empat jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian enam jam.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS