Celaka Berkendara di Terowongan ? Ternyata Begini Alasannya

RR Ukirsari Manggalani
Celaka Berkendara di Terowongan ? Ternyata Begini Alasannya
Sejumlah kendaraan melintasi terowongan ruas jalan Lingkar Nagreg, Bandung, Jabar, Kamis (31/7). [Antara/Fahrul Jayadiputra]

Saat terjadi kecelakaan beruntun di mulut terowongan, unsur mistis dikedepankan.

Suara.com - Dalam legenda-legenda urban, jalan raya angker dan terowongan menjadi bagian yang tak terpisahkan. Antara perasaan percaya tak percaya akan terjadinya hal-hal mengandung unsur mistis. Namun di sisi lain, hal ini malah turut meningkatkan kewaspadaan saat berkendara.

Sejatinya, ada penjelasan ilmiah menyoal hal ini. Yaitu mengapa para pengendara kendaraan roda dua (R2) pun roda empat (R4) mesti berhati-hati bila mengeksekusi lintasan di dalam terowongan. Utamanya saat hendak meninggalkan mulut terowongan menuju area terbuka lagi.

Baru-baru ini, sebuah video dari media sosial memberikan wacana, bagaimana "hal menyeramkan" terkadang menanti di mulut terowongan.

Diperlihatkan bahwa serombongan pengendara motor tengah melintas dalam terowongan dalam kecepatan tinggi. Sesaat setelah keluar dari mulutnya, tiba-tiba saja mereka saling berjatuhan mirip efek domino.

Ada yang menabrak kendaraan di depannya, ada pula yang terjatuh akibat berhenti secara mendadak dengan menginjak rem.

Mengapa terjadi demikian?

Hal ini dikarenakan kondisi mata para pengendara. Saat memasuki mulut terowongan di ujung pertama, indera penglihatan melakukan penyesuaian dengan intensitas cahaya yang masuk di area itu. Sampai menjadi terbiasa melihat dalam gelap. Ketika mendekati mulut terowongan di ujung kedua, intensitas cahaya menjadi lebih tinggi atau sangat tinggi, terutama di siang hari.

Akibatnya, mata pun menjadi silau dan perlu penyesuaian kembali, sekaligus terlambat untuk melihat objek di depannya. Apapun bentuknya.

Untuk makin jelasnya, silakan simak video di link berikut.


Mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS