Drama Carlos Ghosn: Pengacara Mundur sampai Laba Nissan Merosot

RR Ukirsari Manggalani
Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Perancis [Shutterstock].
Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Perancis [Shutterstock].

Peradilan Carlos Ghosn berjalan, dua pengacaranya angkat tangan, laba Nissan anjlok.

Suara.com - Pengadilan distrik Tokyo, Jepang telah menggelar sidang perdana bagi Carlos Ghosn (8/1/2019) dan sesi berikutnya bakal dilaksanakan setelah kesehatan mantan pimpinan aliansi Nissan - Renault - Mitsubishi ini pulih. Akan tetapi, di tengah proses itu, kabar mengejutkan datang dari tim pengacaranya.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters pada Rabu (13/2/2019), Motonari Otsuru, ketua tim kuasa hukum Carlos Ghosn menyatakan telah mengundurkan diri. Demikian pula Masato Oshikubo, pengacara kedua untuk lelaki asal Lebanon yang lahir di Brasil serta menempuh pendidikan di Perancis tadi. Sementara pengacara ketiga, Go Kondo belum bisa dimintai komentar.

Dari surat kabar Jepang, Sankei, disebutkan bahwa sebagai pengganti para pengacara, telah ditunjuk Junichiro Hironaka.

Sebagai catatan, Carlos Ghosn yang berhasil mengentaskan Nissan dari keterpurukan sekitar dua dekade lalu ditahan menjelang akhir 2018 (19/11/2018) dengan dakwaan melaporkan pendapatan dalam jumlah telah diperkecil, serta mengalokasikan kerugian investasi pribadi ke dalam rekening Nissan.

Sementara Nissan sendiri, kini melakukan pemangkasan proyeksi laba setahun, setelah keuntungan bersih dalam sembilan bulan tahun fiskal anjlok 45 persen. Hal ini terhitung sejak penangkapan Carlos Ghosn.

Dikutip dari AFP pada Selasa (12/2/2019), kinerja sembilan bulan tahun fiskal yang mengecewakan serta perubahan dalam metode akuntansi, telah memaksa Nissan menurunkan perkiraan laba bersih pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2019 menjadi 410 miliar Yen, dibandingkan target sebesar 500 miliar Yen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS