Ini Asal Usul Julukan Godzilla untuk Mobil Nissan GT-R

Angga Roni Priambodo
Ini Asal Usul Julukan Godzilla untuk Mobil Nissan GT-R
Nissan GT-R versi Nismo sedang di uji di sebuah sirkuit di Hong Kong (Shutterstock).

Julukan Godzilla membuat Nissan GT-R makin sangar

Suara.com - Bagi sebagian orang, memberikan julukan kepada sesuatu yang dilihatnya atau dikaguminya adalah sesuatu yang wajar. Begitu juga memberikan julukan bagi mobil seperti Nissan GT-R.

Nissan GT-R adalah mobil yang cukup populer di kalangan pecinta otomotif. Kendaraan pabrikan Jepang tersebut sukses melegenda karena dikenal memiliki performa yang apik, apalagi setiap tahunnya selalu bersolek mempercantik penampilan.

Namun banyak orang bertanya-tanya, kenapa mobil tersebut bisa dijuluki Godzilla. Setelah ditelusuri, sebuah fakta kemudian terkuak.

Dikutip dari akun Facebook Happy Tuning, Nama Godzilla ternyata tidak diberikan di Jepang, tapi di Austalia. Kebetulan, negara itu menjadi yang pertama mendapat ekspor Nissan GT-R di tahun 1980-an.

Nissan GT-R R32. (topsimages)
Nissan GT-R R32. (topsimages)

Nissan GT-R R32 tak disangka mampu mendominasi perlombaan balap FIA Racing Grup A. Mobil itu kemudian memenangkan 29 balapan Japanese Touring Car Championship (JTCC).

Asal usul Nissan GT-R R32. (Facebook/Happy Tuning)
Asal usul Nissan GT-R R32. (Facebook/Happy Tuning)

Setelah itu, prestasi Nissan GT-R R32 makin berjaya di perlombaan balap Group A di Australia dan bisa menggeser pesona Porsche. Melihat keistimewaan tersebut, sebuah majalah otomotif di New Zealand memberikan julukan Godzilla pada mobil itu.

Godzilla adalah monster fiksi yang memiliki kekuatan besar. Tokoh tersebut populer di Amerika dan Jepang. Untuk dapur pacu, mobil mengusung mesin 2,6 liter twin-turbo straight-six yang mampu menghasilkan tenaga 276 bhp dan torsi puncak 361 Nm.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS