Renault Samsung Bakal Kehilangan Salah Satu SUV Tahun Depan

RR Ukirsari Manggalani
Renault Samsung Bakal Kehilangan Salah Satu SUV Tahun Depan
Logo Renault. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Dengan berakhirnya produksi SUV ini, pabriknya di Busan bakal lebih rendah pemanfaatannya.

Suara.com - Nissan Rouge adalah jenis kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang berhasil menyumbangkan 48 persen dari produksi di pabrik Renault Samsung Motor Corporation di Busan, Korea Selatan. Sayangnya, kontrak atas pembuatan mobil ini tidak bakal diperpanjang lagi.

Dikutip kantor berita Antara dari Yonhap pada Sabtu (16/2/2019), disebutkan bahwa sebuah sumber di Renault Samsung yang merupakan anak perusahaan Renault SA dan bagian dari aliansi Renault - Nissan, menyatakan bahwa kontrak yang akan berakhir pada September 2019 untuk pembuatan Nissan Rouge tidak akan diperpanjang mengingat tingginya biaya operasional pabrikan di Busan itu.

Sebagai gantinya, Renault Samsung menyiapkan sebuah jenis SUV baru yang akan diluncurkan pada 2020, akan tetapi tingkat pemanfaatan pabrik akan berkurang sampai ekspor dan penjualan domestik kendaraan ini siap dimulai.

Disebutkan pula bahwa penjualan kendaraan pabrikan Renault Samsung mengalami penurunan sebesar 37 persen pada Januari 2019. Saat itu, perusahaan ini hanya berhasil menjual 13.693 unit kendaraan pada Januari, atau turun dari jumlah sebesar 21.847 unit pada 2018.

Sementara, penjualan domestik turun 19 persen menjadi 5.174 unit bulan lalu, dibandingkan tahun lalu yang mencapai 6.402 unit. Sementara ekspor mengalami penurunan dari 45 persen menjadi 8.519 unit kendaraan, dari 15.445 selama periode yang sama.

Dengan kondisi ini, diperkirakan pabrikan bakal menghadapi tingkat pemanfaatan pabrik yang lebih rendah setelah produksi Nissan Rogue berakhir pada pamungkas 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS