Temuan Mutakhir: Inovasi Side Airbag R4, Beroperasi di Luar Bodi

RR Ukirsari Manggalani
Temuan Mutakhir: Inovasi Side Airbag R4, Beroperasi di Luar Bodi
Konsep airbag mutakhir: saat terjadi benturan merobek wadah perlahan dan kantong pun mengembang aman. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Teknologi safety otomotif terus berinovasi, perusahaan Jerman ciptakan airbag luar bodi R4.

Suara.com - Teknologi safety kendaraan roda empat (R4) terus berkembang. Setelah Hyundai mengenalkan multi-crashes airbag alias kantong penyelamat multi tabrakan di kabin mobil, kini hadir airbag yang bekerja atau beroperasi di luar bodi kendaraan. Bisa disebut sebagai side airbag.

Temuan seru ini menyusul inovasi sektor roda dua (R2) dengan kinerja kantong penyelamat  yang siap "membungkus" si motor saat terjadi tabrakan, hingga berbentuk mirip kepompong.

Airbag buat para rider [Instagram bmspeed7]
Airbag buat para rider [Instagram bmspeed7]

Dikutip dari Carscoops, perusahaan otomotif ZF asal Jerman telah mendesain kantong penyelamat sisi luar atau side airbag sejak sekitar 10 tahun silam. Fungsinya, tentu saja melindungi bodi kendaraan R4 saat terjadi tabrakan dari sisi luar bodi.  Karya ini telah dipamerkan kepada masyarakat luas di Mannheim, Jerman pada November 2018.

Secara mekanis, kinerja kantong penyelamat tadi mirip dengan teknologi airbag yang telah dikenal. Yaitu mengembang saat sensor yang beroperasi secara berkesinambungan memprediksi bakal terjadi benturan, dalam kecepatan tertentu. Lantas airbag akan mengembang, keluar dari bodi, kurang dari 100 milidetik.

Hasilnya, airbag mengembang di sepanjang sisi kedua bodi mobil, mulai pintu depan di pilar A sampai pintu belakang di pilar C. Selain diaplikasikan untuk produk R4 dengan pengemudi, peranti ini juga bisa diterapkan untuk mobil swakemudi atau otonom.

Sebagai catatan, sensor airbag juga ditunjang dengan sistem pengamanan mobil yang terdiri dari kamera, sensor LiDAR dengan pemetaan tiga dimensi saat mobil berada dalam kondisi kemungkinan mengalami tabrakan, serta fungsi Lane Departure Warning dan Active Lance Correction System.

Dengan penggunaan airbag luar bodi ini, ZF menyatakan bahwa dari  hasil pengujian ditemukan kerusakan dalam kabin bisa ditekan sampai 30 persen, sementara risiko cedera pada penumpang berkurang sebesar 20 - 30 persen.

Untuk melongok bagaimana penampakan side airbag ini, silakan segera menuju tautan berikut.


Mobimoto.com/Praba Mustika

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS