Suzuki Wagon R versi Listrik Bakal Dilengkapi Fitur Fast Charging

RR Ukirsari Manggalani
Suzuki Wagon R versi Listrik Bakal Dilengkapi Fitur Fast Charging
Suzuki Karimun, Wagon R GS, sebagai ilustrasi [Suara.com/Kurniawan Mas'ud].

Rencana bakal meluncur pada 2020 untuk pasar India, dilengkapi dua socket pengisi daya.

Suara.com - Pemerintah India terus menggaungkan semangat berkendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Antara lain, dengan memberikan harga lebih mahal terhadap mobil berbahan bakar konvensional, serta mengeluarkan kebijakan kemudahan kepemilikan atas kendaraan non-emisi alias bebas bahan bakar minyak bumi (BBM). Hal ini turut mendorong Maruti Suzuki untuk bergiat menyiapkan Suzuki Wagon R yang bakal mengaspal pada 2020.

Sebagai langkah antisipatif dalam menyiasati masih kurangnya infrastruktur pengisian ulang atau recharging station untuk baterai-baterai mobil listrik alias EV di India, Maruti Suzuki akan memasang dua opsi pengisian daya listrik pada Suzuki Wagon R EV untuk produksi 2020.

Dikutip kantor berita Antara dari The Economic Times pada Selasa (26/2/2019), Suzuki Wagon R EV akan dipasarkan dengan harga berkisar Rp 137,6 - Rp 196,9 juta untuk pasar India. Harga ini sudah termasuk dua socket pilihan pengisian ulang arus listrik Alternating Current (AC) di bagian depan, dan Direct Current (DC) di bagian belakang kendaraan.

Untuk pengisian cepat, bisa dipilih model pengisian DC, dengan kecepatan satu jam recharging mampu mencapai daya sebanyak 80 persen. Sedangkan pengisian model AC, dibutuhkan tujuh jam sampai baterai penuh. Dan cukup sekali melakukan proses recharging, Suzuki Karimun Wagon R EV bisa diajak melaju sejauh 200 km.

Soal spesifikasi, Suzuki Wagon R versi listrik itu dibangun menggunakan platform Suzuki Heartech. Sementara detail teknis si mobil serta tipe baterai belum disebutkan.

Pihak Maruti Suzuki sejauh ini telah melakukan pengujian atas 50 unit versi listrik atau EV di bawah kondisi jalan raya serta cuaca yang berbeda-beda. 

Kembali kepada semangat India untuk menuju lalu-lintas bebas emisi gas buang, Suzuki Wagon R EV produksi Maruti Suzuki  ini nantinya dipasarkan sebagai armada taksi serta mobil operasional perusahaan, selain bisa dimiliki perorangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS