Cerita Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Cerita Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi
Ilustrasi taksi. (HiTekno.com)

Garis hidup menentukan, dulu jadi pengusaha sekarang jadi sopir taksi.

Suara.com - Takdir memang tak bisa ditebak, bahkan tak ada yang bisa memprediksi roda kehidupan. Dulu di atas, bisa saja suatu saat turun ke bawah. Seperti cerita inspiratif tentang sopir taksi yang dulunya mantan pengusaha sukses berikut ini.

Cerita seorang penumpang yang menggantikan sopir taksi yang kelelahan ini, berujung dengan terkuaknya kisah mengharukan seorang sopir taksi yang ternyata mantan pengusaha sukses di Indonesia.

Melalui jejaring Facebook, netizen Rusly Riefcony membagikan kisahnya ketika menumpangi sebuah taksi saat hendak pulang ke rumahnya.

''Semalam jadi supir taksi nih. Nyetir dari Puri Kebangan sampai rumah. Supir aslinya cuma nyetir dari Bandara Halim sampai Kembangan,'' tulis Rusly Riefcony membuka cerita.

Ia pun menjelaskan alasannya menggantikan posisi sopir taksi yang ditumpanginya ''Katanya sejak siang banyak penumpang, dan Jakarta macet banget. Maklum hari Jumat dan banyak hujan,''

Jadilah, Rusly Riefcony yang mengemudikan taksi, sementara si sopir taksi yang asli tiduran di kursi depan. Ia, mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut, daripada kecelakaan, katanya.

Tapi, bukan pengalaman menyupir taksi, yang ingin ia sampaikan. Di tengah perjalanan panjang menembus kemacetan kota Jakarta, ia dan si sopir taksi pun saling bercerita. ''Kami bercerita panjang lebar, karena mungkin sangat ngantuk, beliau ajak ngobrol aja sejak awal. Apalagi semalam, Jakarta macet buanget di Tol Taman Anggrek - Alam Sutera,'' terang Rusly.

Dari saling bercerita itulah, kemudian terkuak kisah mengharukan yang bisa dijadikan pelajaran.

Obrolan dimulai dari pertanyaan tentang latar belakang pendidikan. Pertanyaan yang dilontarkan sopir taksi pun dijawab oleh Rusly ''Saya jawab Akuntansi, pak,''

Si sopir taksi, yang berusia lanjut ini pun balik menjelaskan ''Saya (kuliah di jurusan) Ekonomi Managemen UI, mas. Bahkan sekolah tiga tahun di Australia,''

Rusly sempat terkejut dan tidak percaya, sampai kemudian si sopir taksi ini menjelaskan teori ekonomi dan menampilkan kemahirannya berbahasa Inggris.

Dengan riwayat akademis yang luar biasa, tentu menjadi pertanyaan mengapa kini, ia menjadi sopir taksi.

Usut punya usut, beberapa tahun terakhir, hidup si sopir taksi ini telah mengalami perubahan drastis. Dulu, ia pernah bekerja di perusahaan besar dan memiliki jabatan. Si sopir taksi tersebut, juga seorang pengusaha yang sukses dengan aneka bisnisnya.

Kisah Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi. (Facebook/Rusly Riefcony)
Kisah Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi. (Facebook/Rusly Riefcony)

''Tapi hidup harus berjalan,'' kata si sopir taksi. Ia memutuskan menjadi sopir taksi karena beberapa alasan: Tidak ada modal untuk bisnis dan tidak bisa kembali kerja kantoran karena faktor umur dan sudah mulai sakit-sakitan.

Ia juga tidak ingin menjadi beban, dengan menghubungi teman-teman lamanya atau pejabat kenalannya. ''Paling kalau ketemu, mereka kasih duit karena dasar kasihan,'' jelas Rusly.

''Ya sekarang jadi sopir taksi aja beberapa tahun ini untuk menyambung hidup,'' kata sopir taksi kepada Rusly.

Di akhir kisahnya, Rusly mendapat nasihat dari si sopir taksi yang merupakan mantan pengusaha sukses Indonesia ''Intinya beliau menasihati, Kalau di atas, jangan lupa untuk tetap ingat Allah, mas. Cari yang halal-halal saja. Saya juga yang salah, kata beliau. Ketika di atas banyak lalainya dan banyak berlebih-lebihan. Sekarang baru sadar dan taat, ketika sudah banyak nikmat yang dicabut,''

Kisah Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi. (Facebook/Rusly Riefcony)
Kisah Mengharukan Mantan Pengusaha Sukses Indonesia Kini Jadi Sopir Taksi. (Facebook/Rusly Riefcony)

Kisah mengharukan seorang mantan pengusaha sukses di Indonesia yang kini menjadi sopir taksi, diketahui dari kisah yang cukup unik ya, Sob. Ketika seorang penumpang menggantikan sopir taksi yang kelelahan. Akhirnya malah dapat pelajaran hidup yang berharga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS