Kemenhub Resmikan Layanan Motis, Bisa Daftar di Stasiun Jatinegara

RR Ukirsari Manggalani
Kemenhub Resmikan Layanan Motis, Bisa Daftar di Stasiun Jatinegara
Ribuan pemudik sepeda motor melintasi kawasan Kalimalang, Jakarta. Sebagai ilustrasi. [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Angkutan motis atau motor gratis untuk Lebaran 2019 telah diresmikan Kemenhub.

Suara.com - Para pengguna kendaraan roda dua (R2) ingin mudik lebih nyaman sekaligus aman dengan membawa motornya naik wahana transportasi kereta api? Ikut saja dalam program angkutan motor gratis alias motis.

Angkutan motor gratis alias motis adalah program yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan untuk Lebaran 2019 memiliki kuota 18.096 sepeda motor.

Dikutip dari kantor berita Antara, peminat angkutan motis bisa melakukan pendaftaran daring atau online, dengan mengisi form yang tersedia di laman mudikgratis.dephub.go.id.

Ilustrasi sepeda motor di Tanah Air (Shutterstock).
Ilustrasi sepeda motor di Tanah Air (Shutterstock).

Sedangkan pendaftaran secara langsung atau offline membutuhkan penunjukan KTP, Kartu Keluarga, SIM C aktif serta pajak aktif. Dengan beberapa stasiun menerima pendaftaran angkutan motis secara langsung, seperti Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang dan Stasiun Kiara Condong.  Adapun waktu untuk mendaftar adalah 12 Maret - 25 Mei 2019.

Agar tidak terjadi antrean panjang, petugas membatasi kuota pendaftar antara 70 hingga 100 orang per hari, yang dibuka antara 08.00 - 17.00 WIB.  Kemudahan yang didapat bila mendaftarkan secara online adalah kedatangan ke stasiun hanya untuk melakukan proses verifikasi saja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS