"Bajing Loncat" Terekam Jelas di Siang Hari, Mari Lebih Berhati-hati!

RR Ukirsari Manggalani
"Bajing Loncat" Terekam Jelas di Siang Hari, Mari Lebih Berhati-hati!
Seseorang tengah menaiki truk panjang atau lorry. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Perjalanan jauh, terutama bus dan truk antarkota dan antarprovinsi perlu waspadai tindak kejahatan satu ini.

Suara.com - Seram sekaligus bikin gemas. Inilah reaksi pertama saat menonton video yang diunggah ke media sosial Instagram atas nama akun @romansasopirtruck. Di situ diperlihatkan aksi "bajing loncat", "ninja maling" atau berbagai istilah lain, mengacu pada tindak pencurian di atas kendaraan roda empat (R4) atau lebih, yang tengah melintas di ruas jalan raya antarkota atau antarprovinsi.

Ingin menolong korban rasanya sulit, mengingat tengah melaju dalam kecepatan tertentu. Di sisi lain, bila ingin nekad menabrakkan moncong kendaraan ke arah si bajing loncat yang tengah beraksi malah berpotensi menciptakan kecelakaan jalan raya.

Sehingga, membuat rekaman video sebagai bentuk peringatan atau warning kepada sesama pengguna jalan raya adalah sebuah tindakan patut diacungi jempol. Siapa tahu, yang berwajib juga bisa mempelajari kasusnya dan mengambil tindakan sesuai hukum.

Dalam tayangan video yang diambil siang hari—sebuah bukti betapa nekatnya pelaku—, pengunggah menjelaskan lewat caption sebagai berikut, "Aksi bajing loncat di Sumatera Utara, tepatnya di Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat. Kepada sopir truk yang sering melintas di area ini agar lebih hati-hati dan waspada."

Bajing loncat aksi akrobatik [Instagram: @romansasopirtruck].
Bajing loncat aksi akrobatik [Instagram: @romansasopirtruck].

Bak pemain akrobat, sebuah kendaraan roda dua (R2) dengan pengendara berboncengan mendekati bak truk. Menyamakan kecepatan, lalu dengan gerakan akrobatik—yang sayangnya salah diterapkan buat aksi kejahatan—sang penumpang menginjak jok,  bahu pengemudi, sampai lampu sepeda motor sehingga bisa mencapai bak truk. Lalu merobek penutup truk, menjarah barang yang ada dan cukup untuk dipegang dua tangan, lantas turun kembali ke jok dan membonceng lagi.

Tindakan gila? Sudah pasti. Bagaimana bila tergelincir di atas motor?

Untuk melihat aksi akrobatik ninja jahat dan beroperasi siang hari ini, silakan klik langsung di tautan berikut. Pesan kami, berhati-hatilah di jalan dan pastikan bawaan di truk dan kendaraan R4 lainnya dalam kondisi susah dijarah.

Mobimoto.com/Praba Mustika

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS