Wadahi Minat Otomotif, Pemkab Gorontalo Siap Bangun Sirkuit

RR Ukirsari Manggalani
Wadahi Minat Otomotif, Pemkab Gorontalo Siap Bangun Sirkuit
Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) melakukan atraksi pada Millenial Road Safety Festival 2019 di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (10/2/2019). Sebagai ilustrasi kegiatan otomotif di Kota Gorontalo [ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin].

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo siapkan dana Rp 3 miliar untuk sirkuit balap.

Suara.com - Kabar baik bagi para pencinta otomotif di Provinsi Gorontalo. Bila selama ini mereka hanya bisa menggunakan badan jalan di samping Kantor Bupati atau lintasan lapangan Sport Center Limboto sebagai lintasan balap, kini bakal tersedia sirkuit permanen.

Dikutip dari kantor berita Antara (2/4/2019), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo telah menganggarkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk pembangunan sirkuit balap di bumi perkemahan Bongohulawa, Limboto.

Pada Selasa (2/4/2019), Nelson Pomalingo, Bupati Gorontalo memaparkan bahwa pembangunan sirkuit ditargetkan selesai pada 2019. Ditujukan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat kaum milenial pencinta otomotif.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan usai memberikan klarifikasi kepada Bawaslu di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/03/2019)[ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin].
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan usai memberikan klarifikasi kepada Bawaslu di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/03/2019) [ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin].

"Pembangunan lintasan balap merupakan perhatian dan komitmen kami untuk membuka ruang bagi pencinta otomotif agar tidak lagi menggunakan badan jalan karena cukup membahayakan. Pada 2018 kami mengawali membuat rintisannya," jelas Nelson Pomalingo.

Ditambahkannya bahwa selama ini para pencinta otomotif hanya memiliki kesempatan beraktivitas menggunakan badan jalan di samping Kantor Bupati, atau lintasan lapangan Sport Center Limboto sebagai lintasan balap.

"Pada 2018, pembangunan diawali dengan rintisan, bentuk jalannya dibuat, dan tahun ini segera diselesaikan, sekarang telah masuk tahap lelang," tandas Nelson Pomalingo.

Menurutnya, dengan adanya sarana untuk arena balapan, maka anak-anak muda bisa menyalurkan bakat mereka, dan pihaknya mampu mencari bibit pebalap baru berpotensi. Dan terpenting, keberadaan sirkuit akan mencegah balapan liar di jalanan.

Ridwan Bobihoe, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Gorontalo menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati Nelson Pomalingo atas rencana pembangunan sirkuit Gorontalo ini.

"Ini merupakan impian kaum pencinta otomotif yang sudah lama dan saat ini telah diwujudkan oleh Pak Bupati Nelson Pomalingo," demikian sambut Ridwan Bobihoe.

Semoga seluruh aktivitas otomotif Provinsi Gorontalo segera bisa dilakukan. Tak hanya gelaran balap, segala unsur pendukung kegiatan berlalu-lintas juga bisa meminjam lokasi ini. Seperti sosialisasi berkendara yang baik untuk kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2), hingga berlatih ujian dalam mendapatkan surat Izin Mengemudi (SIM).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS