Sangat Tidak "Mantul", Kembar Identik Pakai Satu SIM untuk Berdua

RR Ukirsari Manggalani
Sangat Tidak "Mantul", Kembar Identik Pakai Satu SIM untuk Berdua
Kembar identik lelaki. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tak tanggung-tanggung, kecurangan soal memakai satu SIM sudah terjadi 20 tahun. Nekad atau ngawur?

Suara.com - Bukan komentar "mantul" alias mantap betul, bila kemiripan identik seperti sepasang kembar lelaki ini dimanfaatkan untuk menipu publik, khususnya berkenaan aturan atau hukum yang berlaku. Mungkin lebih pantas mengomentarinya sebagai tindakan ngawur.

Kejadian penyalahgunaan ciri-ciri fisik yang dimiliki sepasang kembar identik itu terjadi di China. Dikutip dari laman odditycentral, sepasang lelaki kembar identik telah berbagi penggunaan Surat Izin Mengemudi (SIM) sepanjang 20 tahun, sampai 2017.

Digunakan sebagai sebuah trik yang bagi mereka "mantul", satu SIM telah membantu mereka berkelit dari jangkauan hukum. Semisal saat salah satu dari mereka terciduk mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Sementara SIM ditahan, ia tetap bisa menyetir ke mana pun, dengan menggunakan SIM saudara kembarnya.

Namun, suatu hari mereka kena batunya juga. Saat itu, salah satu dari si kembar identik ditangkap polisi di Jiamusi, Heilongjiang, China. Ia dicurigai sebagai pengemudi yang SIM-nya sedang dicabut. Meski telah menunjukkan kartu yang memberi wewenang kepada si pemegang untuk mengoperasikan kemudi kendaraan roda empat (R4), sang petugas tidak percaya begitu saja.

Kembar identik nekad pakai satu SIM [Facebook: odditycentral].
Kembar identik nekad pakai satu SIM [Facebook: odditycentral].

Ia pun mengecek database dan ciri fisiknya. Setelah diamati, lelaki pemegang SIM ini memiliki potongan rambut berbeda dengan yang tertera di foto SIM. Dalam sebuah tayangan video, lelaki tadi akhirnya membongkar kebohongan yang selama ini dilakukan.

"Saya telah menggunakan SIM yang sama dengan adik saya selama 20 tahun. Kami kembar, jadi terlihat sangat mirip," tukasnya.

Tolong jangan dicontoh atau dijadikan ide yang mantul!

Mobimoto.com/Husna Rahmayunita

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS