Soal Swakemudi Pembahasan Menperin di IIMS 2019, Ini yang Dibutuhkan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Soal Swakemudi Pembahasan Menperin di IIMS 2019, Ini yang Dibutuhkan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto setelah seremonial pembukaan IIMS 2019 [Suara.com/Arief Hermawan].

Dalam seremoni pembukaan IIMS 2019, Menperin ungkapkan tunggangan swakemudi.

Suara.com - Seremoni pembukaan pentas industri otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show atau IIMS 2019 baru saja dilangsungkan kemarin (25/4/2019). Diresmikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, topik yang dikemukakan adalah apresiasi terhadap dunia otomotif masa depan dengan sinergi jaringan internet.

Menperin mengatakan bahwa jaringan internet akan memiliki peranan penting di masa depan, khususnya untuk kendaraan swakemudi. Jaringan internet yang memadai akan membantu percepatan tunggangan tanpa pengemudi atau driver.

"Karena kecepatan, bukan saja sebatas highway (jalan bebas hambatan), melainkan network atau jaringan," tukas Airlangga Hartarto dalam sambutannya saat membuka IIMS 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) di Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini.

Ia menambahkan, bahwa pergerakan tunggangan swakemudi atau otonom bergantung kepada kecepatan internet. Fasilitas internet yang memadai akan memudahkan kendaraan swakemudi untuk bergerak dan berkomunikasi.

"Jadi, kalau bicara autonomous vehicle, network utamanya adalah highway digital. Bayangkan bila highway digital macet, maka kendaraan autonomous akan berhenti semua. Selain itu, adanya highway membuat informasi yang ada di depan kita juga bisa diterima lebih awal," terang Airlangga Hartarto.

Menperin Airlangga Hartarto dalam seremoni pembukaan Telkomsel IIMS 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Menperin Airlangga Hartarto dalam seremoni pembukaan Telkomsel IIMS 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Sejauh ini, teknologi pintar mobil otonom memang terus dikembangkan sebagai kendaraan masa depan. Segala urusan driving akan dilakukan secara otomatis, cukup dengan sedikit kontrol dari pengemudi.

Namun sayangnya, untuk memanfaatkan teknologi ini dibutuhkan jaringan internet 5G yang stabil. Jaringan dianggap mempunyai pengaruh besar terhadap pengembangan mobil swakemudi ke depannya.

Sehingga, dibutuhkan teknologi jaringan internet yang bisa beroperasi secara stabil untuk dimanfaatkan lebih maksimal bagi tunggangan swakemudi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS