Rampingkan Perusahaan, Volkswagen Produksi Baterai Mobil Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Rampingkan Perusahaan, Volkswagen Produksi Baterai Mobil Listrik
Para pembesar Volkswagen di IAA Frankfurt Motor Show 2017, dari kiri ke kanan: Dr. Herbert Diess, Dr. Frank Welsch,Klaus Bischoff, dan Juergen Stackmann [Shutterstock].

Volkswagen mengambil keputusan produksi baterai mobil listrik dan akan fokus pada bisnis inti.

Suara.com - Volkswagen (VW) dikabarkan siap menggelontorkan dana sebesar 1 miliar Euro untuk memproduksi sel baterai mobil listrik di Lower Saxony, Jerman.

Langkah ini adalah salah satu upaya Herbert Diess, Chief Executive Officer (CEO) Volkswagen untuk melangsingkan grup yang memiliki 12 merek, truk, bus, sepeda motor, mobil, dan sepeda listrik sebagai bagian dari bisnisnya.

"Mengingat semakin kompleksnya industri kami dan tantangan yang terkait, sangat penting untuk fokus pada bisnis inti kami," demikian diungkapkan oleh Hans Dieter Poetsch, Chairman of the Supervisory Board of Volkswagen Group, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Mobil listrik VW di Frankfurt Motor Show 2017. [Carscoops]
Mobil listrik VW di Frankfurt Motor Show 2017 [Carscoops]

Untuk saat ini, produsen otomotif memang tengah berlomba untuk memproduksi baterai sebai tenaga utama kendaraan listrik. Alhasil tak heran bila para produsen memilih cara bermitra atau melakukan perampingan seperti yang dilakukan Volkswagen.

Meski demikian, biaya produksi baterai kendaraan listrik memakan biaya besar. Bahkan sampai saat ini pasokan baterai Eropa masih di dominasi oleh negara Asia seperti Korea Selatan, Jepang dan China.

Seperti dikutip dari AFP, Asia menjadi benua yang paling banyak memproduksi baterai berjenis lithium-ion. Walaupun jenis ini memang bukanlah komponen utama kendaraan listrik.

China sebagai negara yang menjual separuh dari seluruh kendaraan roda empat bertenaga listrik di dunia, saat ini mengharuskan produsen mobil menggunakan baterai buatan lokal. Alhasil, mereka berhasil menguasai dua pertiga kapasitas produksi dunia untuk baterai lithium-ion.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS