Seru, Truk Swakemudi T-Pod Einride Akhirnya Beroperasi!

RR Ukirsari Manggalani
Seru, Truk Swakemudi T-Pod Einride Akhirnya Beroperasi!
Ilustrasi truk swakemudi murni tenaga listrik [Shutterstock].

Sudah mulai dioperasikan di bagian sentral Swedia, desain truk tanpa kabin pengemudi, berbobot 26 ton.

Suara.com - Einride dan DB Schenker memprakarsai kemitraan mereka pada tahun silam, untuk meluncurkan T-Pod, truk swakemudi komersial pertama di dunia. Keduanya tengah menyiapkan instalasi T-Pod yang murni bertenaga listrik dan digarap di fasilitas DB Schenker di Jönköping, bagian sentral Swedia. Truk ini akan disetel mampu melakukan perjalanan antargudang dan sanggup mengangkut barang. Demikian dikutip dari laman resmi DB Schenker, menjelang akhir 2018.

"Bersama Einride, kami ingin membawa truk swakemudi bertenaga listrik sepenuhnya ke jalan raya dalam waktu dekat sehingga bisa memberikan jawaban atas kebutuhan pengiriman logistik di masa depan," demikian saat itu dipaparkan oleh Jochen Thewes, Chief Executive Officer (CEO) DB Schenker.

Truk T-Pod Einride - DB Schenker [DB Schenker].
Truk T-Pod Einride - DB Schenker [DB Schenker].

Mulai kemarin (15/5/2019), T-Pod Einride sudah mulai beroperasi dengan memulai pengiriman logistik harian di jalan umum di Jönköping, Swedia. Demikian dilaporkan kantor berita Reuters.

"Kami adalah perusahaan perangkat lunak dan operasional pertama, yang menjalin kemitraan dengan perusahaan manufaktur pembuat truk kenamaan, sebagai suatu langkah penting untuk menuju era masa depan," papar Robert Falck, CEO startup Einride, asal Swedia, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Hal terpenting yang kami perlukan adalah perizinan jalan umum sebagai tonggak utama, dan ini adalah langkah untuk mengkomersialkan teknologi swakemudi di jalan," ujar Robert Falck yang dahulu bekerja di Volvo, kepada Reuters.

Sebagai sebuah proyek komersial, T-Pod Einride melibatkan DB Schenker dan Einride dengan para investor antara lain mantan kepala divisi truk Daimler Asia, Marc Llistosella, serta Ford, dengan nilai investasi total mencapai 510 juta dolar Amerika Serikat.

Ditinjau dari sudut spesifikasi, T-Pod Einride berbobot penuh 26 ton, tanpa kabin pengemudi, sehingga diperkirakan mampu mengurangi biaya operasi angkutan jalan sekitar 60 persen dibandingkan truk diesel yang dioperasikan pengemudi.

T-Pod Einride adalah jenis kendaraan otonom tingkat 4, dan masuk kategori tertinggi kedua, menggunakan platform Nvidia Drive untuk memproses data visual secara real time. Seorang operator bisa mengawasi dan mengendalikan hingga 10 unit truk sekaligus, dari ruang kerja yang berlokasi puluhan km dari area operasional truknya sendiri.

Saat ini, T-Pod Einride telah mengantongi izin dari otoritas transportasi setempat, untuk melakukan perjalanan singkat, dari gudang menuju terminal yang berlokasi di ruas jalanan umum dalam kawasan industri di Jönköping, dengan kecepatan dibatasi 5 km per jam.

Tahun depan, Robert Falck mengatakan bahwa Einride siap mengajukan izin rute publik dan berencana untuk memperluas layanannya di Amerika Serikat.

Selain DB Schenker, T-Pod Einride telah dipesan oleh perusahaan supermarket Jerman, Lidl, perusahaan pengiriman Swedia, Svenska Retursystem, serta lima perusahaan ritel Fortune 500, yang rencananya akan menciptakan armada berisi 200 unit truk swakemudi ini pada akhir 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS