Industri Otomotif Jepang Siap Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia!

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Industri Otomotif Jepang Siap Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia!
Toyota C-HR Hybrid dipamerkan dalam arena IIMS 2019 di Jakarta, Kamis (25/4/2019). Total ada 11 jenis mobil EV [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Ada dua kategori tunggangan yang disebut-sebut pihak Jepang sangat diminati konsumen Indonesia. Kita tunggu versi listriknya.

Suara.com - Pemerintah Indonesia bertekad untuk mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu langkah strategisnya, Kementerian Perindustrian berupaya mensosialisasikan kesiapan regulasi yang akan segera diterbitkan kepada pelaku industri otomotif di Jepang.

Blue Bird luncurkan taksi berbahan bakar listrik. (Suara.com/Achmad Fauzi)
Blue Bird luncurkan taksi berbahan bakar listrik. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Achmad Fauzi]

"Mengenai potensi implementasi dari percepatan electric vehicle (EV) dan fasilitas PPnBM yang sedang disusun oleh pemerintah, kami komunikasikan dengan pelaku industri otomotif di sini," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Menperin menyampaikan, peraturan yang akan dikeluarkan pemerintah Indonesia terkait kendaraan listrik, nantinya diberikan tenggang waktu transisi selama dua tahun.

"Maka itu, kami berharap, pelaku industri otomotif yang ada di Jepang bisa mulai merealisasikannya pada 2021 atau 2022," tuturnya.

Dalam kesempatan sama, Susumu Matsuda, Deputy Chief Exectutive Officer (CEO) Toyota Corporation mengemukakan, dalam upaya memasarkan kendaraan listrik, pihaknya juga akan fokus dengan pengembangan teknologi di Indonesia.

"Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen kami, sesuai budaya perusahaan, agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik," ungkapnya.

Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hibrida di Indonesia pada 2022. Kategorinya antara lain Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi-Purpose Vehicle (MPV).

"Kami menilai, kedua jenis ini yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya," tutur Susumu Matsuda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS