Konsumsi BBM All New Ertiga Tembus 30 Kilometer per Liter

Ade Indra Kusuma | Manuel Jeghesta Nainggolan
Konsumsi BBM All New Ertiga Tembus 30 Kilometer per Liter
Konsumsi BBM All New Ertiga Tembus 30 Kilometer per Liter [Suara.com/Jeghesta]

Sistem yang dilakukan untuk tes Suzuki Ertiga ini dengan cara full to full.

Suara.com - Konsumsi BBM All New Ertiga Tembus 30 Kilometer Perliter

PT Suzuki Indombil Sales (SIS) memberikan kesempatan para awak media untuk menguji keiritan bahan bakar All New Ertiga melalui  acara bertajuk All New Ertiga Tripventure (28/8).

Rute yang diambil cukup jauh, yakni Cikarang - Cirebon. Hal ini lebih dari cukup untuk mengetahui seberapa irit MPV jagoan dari Suzuki ini.

Perjalanan dimulai sekitar pukul 9.30 WIB. Rombongan dipersilakan menuju lokasi tujuan sambil menguji seberapa irit All New Ertiga.

Suzuki All New Ertiga dalam acara Tripventure di Cirebon, diabadikan di salah satu halaman istana [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suzuki All New Ertiga dalam acara Tripventure di Cirebon, diabadikan di salah satu halaman istana [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Tim Suara.com sendiri mendapat kesempatan menguji mobil dengan transmisi manual. Kondisi jalan tol menuju Cirebon kali ini cukup lengang sampai daerah Cikampek. 

Memasuki pintu tol Palimanan, tim mulai mendapat beberapa hambatan yang tentunya lebih menguras konsumsi bahan bakar.

Dimulai dari rangkaian truk yang berjalan lambat di jalur kiri ataupun kondisi jalan yang terkesan datar, padahal menanjak.

Dengan kecepatan yang benar-benar dijaga untuk mendapatkan keiritan konsumsi bahan bakar, Tim menyempatkan diri singgah ke rest area. Maklum saja, kecepatan mobil yang dipacu maksimal 100 km/jam tentu saja membuat jenuh.

Memasuki Kota Udang sekitar pukul 12.15 WIB, rombongan diajak untik istirahat melakukan makan siang sebelum melanjutkan destinasi ke Keraton Kasepuhan Cirebon.

Disinilah konsumsi bahan bakar masing-masing mobil diukur. Sistem yang dilakukan, dengan cara full to full. 

Setelah diisi ulang, bensin yang masuk ke dalam tangki Ertiga kami, 5,5 liter. Bensin jenis Pertamax itu terpakai untuk total jarak tempuh 184 km. 

Artinya Ertiga manual ini meminum 1 liter bensin untuk 33,45 km. Hasil yang juga cukup memuaskan diraih oleh peserta pengguna Ertiga matik. 

Torehan terbaiknya adalah 29,67 kpl dengan konsumsi BBM 6,2 liter. Boleh jadi, Anda bisa menghemat bahan bakar dengan cara menerapkan eco driving yang lebih baik. Tapi, tentu tidak berlaku jika Anda tengah bersaing dengan waktu.

Secara keseluruhan, konsumsi bahan bakar Ertiga tebilang cukup irit. Pasalnya setiap mobil diisi oleh empat orang dengan bobot yang berbeda.

Terlebih sepanjang perjalanan AC sudah disegel berada di posisi dua. Namun AC bagian belakang sengaja dimatikan untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar maksimal.
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS