Terungkap, Daihatsu Sigra Versi Manual Lebih Diminati Konsumen

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Terungkap, Daihatsu Sigra Versi Manual Lebih Diminati Konsumen
New Daihatsu Sigra diluncurkan pekan ini, Senin (16/9/2019) [Suara.com/Tivan Rahmat].

Ada perbedaan harga mencolok, yang memenuhi keinginan konsumen dalam pemilikan Daihatsu Sigra.

Suara.com - Meski tren Low Cost Green Car (LCGC) nasional tengah mengalami penurunan, hal itu tidak berlaku bagi Daihatsu yang sukses menjajakan Sigra sebanyak 49.093 unit atau naik enam persen dari tahun lalu yang hanya meraup 47.622 unit.

Dari jumlah itu, Daihatsu Sigra tipe manual lebih diminati konsumen dengan persentase sebanyak 95 persen, sedangkan lima persen sisanya berasal dari penjualan Daihatsu Sigra tipe matik atau otomatis.

Apa alasan Daihatsu Sigra manual begitu diminati konsumen di Tanah Air, ketimbang versi matiknya?

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu motor (ADM) pun mencoba untuk menguraikannya.

"Mengapa versi manual lebih laris? Karena model manual lebih murah. Beda Rp 10 juta di segmen LCGC itu lumayan berarti bagi konsumen di pasar ini," jelas Amelia Tjandra usai seremoni peluncuran Daihatsu Sigra terbaru di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, pada Senin (16/9/2019).

Selain itu, riset internal Daihatsu juga mencatat bahwa mobil dengan kapasitas mesin 1.000 cc memiliki pasar paling "gemuk". Di sini, PT ADM menempatkan wakilnya, Daihatsu Sigra versi manual yang ditenagai dengan mesin berkapasitas mesin 1.0 L. Sebagai perbandingan, varian matiknya menggunakan mesin 1.2 L.

"Mengapa mesin 1.000 cc masih ada? Karena demand juga masih ada, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang memerlukan kendaraan dengan harga terjangkau. Itu sebabnya Sigra manual lebih laris," tuturnya lagi.

Sedangkan secara general, Daihatsu Sigra juga menjadi salah satu penguasa segmen LCGC kelas Multi-Purpose Vehicle (MPV) bersama sang kakak, Toyota Calya. Amelia Tjandra menilai adanya fenomena di mana pola konsumen Indonesia adalah mengutamakan keterjangkauan harga dan kapasitas kabin saat memilih mobil.

"Memang kalau kami lihat, Sigra memiliki keunggulan. Segmen MPV namun LCGC 7-seater paling diminati di Indonesia. Ini pasar paling besar dengan harga yang paling terjangkau. Dan dari segi harga, Sigra menjadi produk paling menarik untuk sisi konsumen," pungkasnya.

Hari ini (16/9/2019), PT ADM meluncurkan New Daihatsu Sigra yang berpenampilan stylish dan modern, menampilkan grille, bumper, lampu depan LED, dan chrome backdoor, serta rear garnish baru. Selain itu, di bagian keempat kakinya dipasang polished alloy wheel dimensi 14 inci sehingga membentuk efek 3D.

Sedangkan warna bodi, tersedia dalam tujuh pilihan, dengan tiga di antaranya benar-benar baru, yaitu Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic, dan Orange Metallic.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS