New Calya Pakai Fitur EBD, Apa Fungsinya ?

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
New Calya Pakai Fitur EBD, Apa Fungsinya ?
New Toyota Calya dipamerkan di Jakarta, Senin (16/9/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Calya teranyar sudah dilengkapi dengan fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Suara.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Calya sebagai versi penyegaran dari model sebelumnya. Menariknya, Calya teranyar saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, mengatakan bahwa dengan penambahan ini, fitur keselamatan Calya yang sekarang sudah cukup baik di kelasnya.

"Buktinya adalah kita sudah mendapat four star NCAP untuk tipe sebelumnya. Calya juga sudah dilengkapi airbag dan ABS," ujar Anton, saat peluncuran New Calya.

Tapi apa sebenarnya fungsi dari fitur EBD yang tertanam pada Calya. Mengutip laman Auto200, secara fungsi EBD memiliki peran untuk melengkapi kerja dari sistem anti-lock breaking system (ABS).

EBD akan mengatur penyebaran rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya, fitur ini berguna ketika bermanuver di jalan berkelok atau pada kondisi permukaan jalan yang tidak sama daya cengkeramnya antara roda satu dengan lainnya.

Secara pola kerja, EBD memiliki prinsip dasar bila tidak semua ban perlu melakukan usaha yang sama dalam memperlambat laju atau menghentikan kendaraan.

Toyota Calya 2019 dilucurkan di Jakarta, Senin (16/9/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Toyota Calya 2019 dilucurkan di Jakarta, Senin (16/9/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Begitu juga soal berat yang ditopang oleh roda kendaraan yang terkadang tidaklah terdistribusi dengan baik.

Beberapa roda menerima beban yang lebih berat daripada yang lain. Karena itu, saat melakukan pengereman membutuhkan usaha yang lebih besar untuk menghentikan laju kendaraan.

Selain itu, EBD tidak hanya dapat mendeteksi seberapa banyak beban yang sedang ditanggung oleh tiap roda, tetapi juga dapat mengganti kekuatan atau daya rem yang disalurkan ke tiap-tiap roda secara instan berdasarkan perhitungan sistem.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS