Kepincut Modifikasi Motor? Yuk, Bikin Preparasi Seperti Ini

RR Ukirsari Manggalani
Kepincut Modifikasi Motor? Yuk, Bikin Preparasi Seperti Ini
Motor yang dipamerkan saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS 2019) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4/2019). Pameran industri otomotif ini berlangsung 25 April - 5 Mei 2019 [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan].

Aksi modifikasi motor telah menjadi bagian gaya hidup pencinta roda dua. Ini tipsnya.

Suara.com - Saat membelanjakan sejumlah nominal untuk memboyong sepeda motor ke rumah, tak jarang terbersit di benak ingin mengubah penampilannya. Selain memodifikasi dari kondisi standar, tentu saja hasil ubahan memiliki nilai personal.

Dari komentar beberapa penyuka aksi modifikasi, mengubah tampilan si motor atau tunggangan roda dua akan membuat sang pemilik makin percaya diri sekaligus mendatangkan rasa puas.

Ilustrasi motor bermotif serat karbon. (Facebook/webike.id)
Ilustrasi motor modifikasi unsur serat karbon  (Facebook/webike.id)

Beberapa langkah perlu dilakukan agar modifikasi tidak "putus" di tengah jalan, serta menghadirkan semangat maksimal buat digarap. Yaitu dengan melongok kantong terlebih dahulu, serta merumuskan bila melakukan ubahan secara bertahap, yang berpulang kepada alokasi dana bulanan atau tahunan, sehingga motor modifikasi selesai pada waktunya dan tidak berpotensi membuat dompet bolong.

Dikutip dari kantor berita Antara, Agus Gusno dari komunitas Pasar Jongkok alias Parjo berbagi kiatnya pada pekan lalu (18/9/2019). Berikut paparannya:

1. Ketahui jenis motor calon modifikasi dan "aliran" ubahannya

Lihat terlebih dahulu subjek modifikasi. Apakah termasuk kategori atau jenis sepeda motor matik, motor bebek atau cub, ataukah motor sport. Kemudian tentukan aliran yang akan dipakai, seperti gaya elegan, stylish, ekstrem, atau sporty.

2. Kebutuhan barang-barang aftermarket yang mendukung modifikasi

Dari konsep yang diinginkan seperti gaya elegan, stylish dan seterusnya, lihat dan pilih aksesori pendukungnya. Semisal model velg, piringan rem cakram, stiker pada bodi, bahkan mungkin ingin mengubah warna awal dengan cat personal. Seperti cat warna bunglon selaras helm dan seterusnya.

3. Hitung budget

Sebelum melangkah buat membeli kebutuhan modifikasi, yaitu benda-benda aksesori, siapkan dan sesuaikan dana. Hal ini penting untuk menghasilkan tunggangan bergaya, namun konsisten pada kondisi keuangan. Hitung pula biaya tambahan atau dana tak terduga, seperti ongkos bongkar pasang motor serta pasang aksesori.

Namun menurut Agus Gusno, soal ongkos ini bisa ditekan bila pemilik motor sudah memiliki kemampuan dasar untuk bongkar pasang kendaraan roda dua. Utamanya buat memasang custom kit yang praktis dan mudah diaplikasikan bagi pemula.

"Jenis satu ini, custom kit tinggal plug and play. Contohnya yang ingin ganti tangki, cukup membeli tangki modifikasi dan tinggal mencopot tangki standar lantas diganti," demikian sarannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS