Bukan Trik Sulap, Ini Lho Proses Ketok Magic yang Tak Banyak Orang Tahu

Arsito Hidayatullah
Bukan Trik Sulap, Ini Lho Proses Ketok Magic yang Tak Banyak Orang Tahu
Ilustrasi deretan mobil tua, bengkel ketok magic. (Shutterstock)

Sesuai namanya, meski masih diminati banyak orang, ketok magic kerap terkesan menyimpan rahasia dan jarang diketahui proses pengerjaannya.

Suara.com - Bagi banyak orang, ketok magic mungkin masih menjadi pilihan saat harus memperbaiki mobil yang mengalami kerusakan pada body-nya. Hasil yang cukup baik membuat sebagian orang masih memilih cara yang satu ini, meski cara modern kini sudah lebih mudah ditemukan.

Apalagi, proses pengerjaan ketok magic biasanya juga terbilang sangat cepat. Mobil dalam waktu singkat bisa kembali seperti semula, dan bisa segera digunakan oleh pemiliknya.

Namun di dalam praktiknya, proses ketok magic kerap dianggap misterius karena tak banyak diketahui orang. Ini wajar terutama karena proses ketok magic biasanya dilakukan secara rahasia, bahkan hampir tak diketahui sama sekali oleh pemilik kendaraan yang diperbaiki.

Biasanya pemilik kendaraan hanya menyerahkan dan memercayakan proses perbaikan kendaraan mereka kepada ahli ketok magic, tanpa mengetahui secara detail tahapan apa saja yang dilakukan dalam prosesnya.

Faktanya, sebagaimana proses perbaikan lainnya, ketok magic juga memiliki berbagai tahap yang tidak biasa dan terbilang menarik untuk dipahami. Anda belum tahu dan penasaran? Simak proses ketok magic yang tak banyak diketahui orang ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tahap Analisa

Sama halnya dengan proses perbaikan lainnya, ketok magic juga akan membutuhkan proses analisa terlebih dahulu. Pada tahap ini, ahli ketok magic akan melihat tingkat kerusakan, bagian-bagian yang penyok atau bahkan tergores (baret) dan membutuhkan penanganan.

Setelah mengecek bagian mobil secara keseluruhan dan melihat apa saja yang membutuhkan perbaikan, maka di tahap selanjutnya akan ditentukan penanganan apa saja yang dibutuhkan dalam proses perbaikan tersebut, sehingga kondisi mobil kembali seperti semula.

Proses analisa ini dimaksudkan untuk mengecek kondisi mobil, dan menentukan berbagai langkah perbaikan yang perlu dilakukan. Setelah itu, barulah mobil akan dimasukkan ke dalam tempat khusus untuk proses perbaikan.

2. Penentuan Lokasi Perbaikan Kendaraan

Tidak seperti perbaikan mobil pada umumnya yang bisa dilakukan di sembarang tempat, ketok magic membutuhkan area khusus di mana proses perbaikan bisa berjalan dengan lancar. Tempat ini harus nyaman dan bisa membuat para pekerja melakukan tugas mereka dengan baik, sehingga hasil kerja yang didapatkan juga maksimal.

Tempat khusus seperti ini juga akan memungkinkan pekerja bisa bekerja dengan bebas, tanpa perlu khawatir dengan keberadaan orang lain di sekitar mereka. Dalam proses pengerjaan ketok magic, para pekerja biasanya memang tidak akan nyaman jika diawasi, bahkan oleh pemilik mobil sekali pun. Inilah yang membuat kenapa ketok magic jadi terkesan rahasia dan misterius.

3. Memulai Proses Pengerjaan

Hal yang paling menarik dari ketok magic tentu saja proses pengerjaannya. Sebab, proses ini biasanya dilakukan dengan berbagai peralatan yang jauh dari kata modern dan memadai. Meski begitu, hasil ketok magic pada umumnya tidak mengecewakan, makanya masih banyak dipilih orang untuk perbaikan.

Jika biasanya bengkel modern menggunakan beragam peralatan canggih, maka ketok magic justru masih menggunakan beragam peralatan sederhana seperti alat pencapit khusus, martil, kawat, las, paintless dent removal, bahkan juga hair dryer yang dimodifikasi pengggunaannya untuk memanaskan body mobil agar menjadi lebih lentur/fleksibel.

Hair dryer itu biasanya digunakan pada bagian body mobil yang penyok. Dengan panas dari alat itu, bagian tersebut akan menjadi lebih lentur, dan bisa dikembalikan ke dalam bentuk semula dengan cara menariknya dengan kunci khusus.

Proses perbaikan ini akan berlangsung dengan cepat. Makanya jangan heran jika ketok magic hanya membutuhkan waktu satu malam saja untuk memperbaiki kondisi mobil menjadi seperti sedia kala.

4. Proses Pengecatan

Jika bentuk body mobil sudah kembali seperti semula, tahap selanjutnya biasanya adalah proses pengecatan. Namun sebelumnya, kondisi mobil harus dipastikan sudah benar-benar sempurna dan tidak lagi menyisakan penyok sedikit pun.

Dalam proses pengecatan ini, dibutuhkan keahlian khusus dalam memilih warna cat yang akan digunakan. Hal itu mengingat warnanya harus benar-benar sesuai dengan warna keseluruhan body mobil tersebut.

Pada umumnya, proses pengecatan ini akan diawali dengan pengampelasan, untuk memastikan bahwa permukaan mobil yang tadinya penyok sudah benar-benar rata dan kembali ke bentuk semula. Langkah selanjutnya adalah proses pendempulan, yang dilakukan dengan hati-hati agar permukaan yang dihasilkan benar-benar halus.

Setelah pendempulan selesai, proses pengecatan bisa dilakukan dengan hati-hati, mengingat bagian yang dicat hanya yang mengalami kerusakan saja dan bukan keseluruhan body mobil. Di sinilah penting dipastikan warna cat yang digunakan telah benar-benar sesuai dengan warna dasar mobil, agar hasilnya tidak kelihatan belang. Penggunaan pelindung cat khusus kadang juga menjadi pilihan di sini.

5. Proses Finishing

Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa hasil pengecatan benar-benar bersih dan sesuai dengan warna permukaan mobil. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara membersihkan area yang sudah dicat, termasuk menggunakan cairan khusus untuk memoles hingga seluruh permukaan mobil mengkilap dengan rata.

Cepat dan Memuaskan

Sesuai dengan namanya, ketok magic masih kerap terkesan menyimpan rahasia dan terbilang jarang diketahui orang saat pengerjaannya. Namun bagi yang membutuhkan layanan perbaikan body mobil, ketok magic yang bisa selesai dalam waktu cepat dengan hasil memuaskan ini masih cukup layak menjadi pertimbangan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Sebelum Beli Mobil Seken, Ketahui Dulu 5 Ciri Mobil Bekas Banjir

Cara Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan

Kredit Mobil Macet? Ini Dia Solusinya!

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS