Tokyo Motor Show 2019: Yamaha Siapkan Tiga Skuter Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tokyo Motor Show 2019: Yamaha Siapkan Tiga Skuter Listrik
Yamaha E02 untuk TMS 2019 [screen shot situs: Global Yamaha Motor]

Acara Tokyo Motor Show (TMS) 2019 sudah di depan mata. Mari intip kesiapan Yamaha.

Suara.com - Menyambut ajang otomotif dua tahunan Tokyo Motor Show 2019 atau TMS, Yamaha Motor siap memperkenalkan skuter listrik pertamanya.

Hal ini sepertinya menjadi isyarat bahwa produsen otomotif berlambang garpu tala ini sebenarnya tidak tinggal diam dan siap meluncurkan kendaraan listrik atau Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) sesuai tuntutan industri otomotif.

Yamaha E01 untuk TMS 2019 [screen shot situs: Global Yamaha Motor]
Yamaha E01 untuk TMS 2019 [screen shot situs: Global Yamaha Motor]

Seperti dilaporkan laman Electricmotorcycle dan Bike Wale yang mengutip laman resmi pabrikan, Selasa (15/10/2019), skutik listrik yang disuguhkan itu terdiri dari dua konsep yang benar-benar baru. Kedua model konsep tadi dinamai E01 dan E02, bermodel skutik maxi yang menonjolkan kesan futuristik.

Yamaha E01 adalah skutik maxi dengan panel bodi yang mengalir mulus, kaca depan tinggi, dan penggunaan jok panjang di bagian belakang. Sementara Yamaha E02 juga skutik maxi namun memiliki dimensi yang lebih kecil. Panel bodi pun terlihat lebih ramping berpadu desain jok yang lebih ringkas.

Yamaha menyebut E01 setara dengan skuter 125 cc, sedangkan E02 memiliki daya setara dengan skuter 50 cc.

Selain itu, produsen asal Jepang ini sebenarnya juga akan menampilkan skutik listrik berbasis produksi, yakni E-Vino. Desainnya sendiri masih tetap mempertahankan gaya retro dengan desain bodi melengkung.

Gaya retro terlihat dari bentuk lampu depan bundar yang dipasang apron. Dengan penempatan dibuat satu kluster dengan lampu sein.

Skutik-skutik ini menggunakan sistem battery swap, yakni bisa dlepas pasang untuk mempermudah pengisian. Jadi ketika baterai yang terpasang di motor dayanya habis, bisa dilepas dan digantikan baterai cadangan yang terisi penuh.

Sayangnya sejauh ini belum ada informasi resmi dari pihak perusahaan kapan ketiga konsep itu akan diproduksi secara massal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS