Pemprov DKI Jakarta Kaji Penggunaan Skuter Listrik di Trotoar

RR Ukirsari Manggalani | Fakhri Fuadi Muflih
Pemprov DKI Jakarta Kaji Penggunaan Skuter Listrik di Trotoar
Warga menggunakan otoped atau disebut juga skuter listrik melintas di jalur khusus sepeda di kawasan Blok M, Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan memperbanyak akses pengendara sepeda di beberapa ruas jalan raya di Jakarta dalam bentuk koridor khusus jalur sepeda atau di berbagai area trotoar yang saat ini dalam proses revitalisasi [ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww].

Sehubungan maraknya skuter listrik, pemerintah mengkaji soal safety, termasuk usia pengendara dan kecepatan.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan kajian soal penggunaan skuter listrik di wilayah Ibu Kota. Poin yang disoroti di antaranya adalah soal usia pengendara, jalurnya, dan kecepatan kendaraan ramah lingkungan itu saat melaju.

Skuter listrik sendiri sedang marak digunakan di berbagai lokasi. Salah satu jalur yang digunakan saat berkendara adalah trotoar.

Pengguna skuter listrik. (Suara.com/Ditha)
Ilustrasi pengguna skuter listrik [Suara.com/Ditha].

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo mengatakan belum menentukan, apakah trotoar boleh digunakan sebagai jalur skuter atau tidak.

"Jadi sedang kami kaji bersama-sama, kemudian mereka akan gunakan lajur mana, itu juga akan masuk ke dalam kajian yang sedang kami siapkan," ujar Syafrin Liputo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Syafrin Liputo juga mengaku menyoroti masalah usia pengguna pengendara skuter listrik. Menurutnya, masyarakat yang masih tergolong anak-anak seharusnya tidak diperkenankan mengendarai skuter itu.

"Termasuk dalam pengkajian itu adalah usia, jadi jangan sampai usia pengguna itu ada anak kecil yang tidak mengerti rambu-rambu lalu lintas," kata Syafrin Liputo.

Berbeda dengan sepeda, skuter listrik ini bisa melaju lebih cepat. Syafrin Liputo menyebut nantinya akan ada aturan yang mengatur kecepatan maksimal bagi kendaraan bermotor bebas emisi itu.

"Ada kecepatan tertentu yang harus dia lalui," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS