Hanya di Kudus, Kena Razia Polisi Bukannya Ditilang Malah Dikasih Uang

Angga Roni Priambodo
Hanya di Kudus, Kena Razia Polisi Bukannya Ditilang Malah Dikasih Uang
Aksi simpatik Kapolres Kudus, Saptono.[Istimewa]

Video kebaikan Kapolres Kudus tersebut membuat banyak orang terenyuh.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Kepolisian Lalu Lintas (Polantas) menggalakkan Operasi Zebra 2019. Dalam operasi rutin tahunan itu, pemilik kendaraan akan diberhentikan untuk diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Banyak pengendara yang was-was atau malah takut ketika di depannya ada razia kepolisian, apalagi pengendara yang surat-surat kendaraannya tak lengkap.

Padahal, Kepolisian hanya menertibkan apa yang menjadi kewajiban pengendara, tanpa ada niat untuk menakut-nakuti masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor.

Untuk menghilangkan stigma menakutkannya razia lalu lintas, mungkin Kepolisian daerah lain bisa mencontoh apa yang dilakukan polisi di Kudus, Jawa Tengah ini.

Viral di media sosial, seorang pemotor ketiban rezeki ketika diberhentikan untuk diperiksa kelengkapan berkendaranya oleh beberapa polisi di Kudus.

Saat diberhentikan oleh polisi  dan diperiksa langsung oleh Kapolres Kudus, Saptono, pengendara motor disuruh mengeluarkan dompetnya.

Kapolres yang ramah tersebut kemudian menggeledah isi dompet pengendara yang diketahui berprofesi sebagai pedagang itu.

Sura-surat kendaraannya lengkap, namun Saptono menemukan ada yang kurang di dalam dompet si pedangang, kurang isi uang, karena hanya berisi yang Rp 20 ribu.

"Ini saya kasih, bonus," kata Saptono seraya memasukkan satu lembar uang 100 ribuan ke dalam dompet pedagang tersebut.

Aksi simpatik Saptono itu kemudian mendapat banyak apresiasi dari warganet. Banyak dari mereka yang memuji aksi polisi di kota yang berada di pesisir utara Jawa itu.

"min saya sumpah terharu min," tulis @djtofa9 mengomentari unggahan itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS