Daihatsu Optimis Tujuan Ekspor 2019 Tercapai

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Daihatsu Optimis Tujuan Ekspor 2019 Tercapai
Suasana pameran GIIAS 2019. Sebagai ilustrasi pasar mobil nasional termasuk produksi Daihatsu [Suara.com/Arief Hermawan]

Besaran nilai ekspor Daihatsu saat ini telah mendekati tahun lalu, diprediksi tembus akhir 2019.

Suara.com - Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan telah memperluas pasar ekspor untuk kendaraan merek Daihatsu dan Toyota yang diproduksi di Indonesia. Paling baru, produsen otomotif yang bermarkas di Sunter ini melakukan ekspor ke Papua Nugini.

Hal ini disampaikan Elvina Afny, Corporate Planning and Communication Division Head PT ADM, bahwa kendaraan produksi Daihatsu di Indonesia sudah diekspor ke-69 negara.

"Daihatsu sudah mengekspor lima model dan 162 varian kendaraan ke-69 negara di seluruh dunia," paparnya di Menara Astra, Jakarta Pusat.

Daihatsu Grand New Xenia dengan teknologi Dual VVT-i [Suara.com/Tivan Rahmat].
Daihatsu Grand New Xenia dengan teknologi Dual VVT-i. Sebagai ilustrasi salah satu produk daihatsu [Suara.com/Tivan Rahmat].

Sebagai catatan, total ekspor PT ADM sepanjang 2018 mencapai 118 ribu unit. Sedangkan periode Januari - Oktober 2019 sudah terkirim sebanyak 104 ribu unit. Dari pencapaian tadi, Elvina Afny optimis ekspor PT ADM bisa lebih dari 120 ribu unit sampai akhir tahun.

"Selain tujuan ekspor yang semakin luas, kinerja positif ini juga didukung oleh penerimaan yang baik terhadap Toyota Rush, khususnya di pasar ASEAN seperti di Filipina," ungkap Elvina Afny.

Di Indonesia, Daihatsu tidak hanya memproduksi mobil mereknya sendiri untuk pasar ekspor. Deretan mobil Toyota yang diekspor seperti Rush, Avanza, Wigo (Agya), Town Ace, dan juga Lite Ace juga merupakan hasil produksi pabrik PT ADM.

Untuk pasar domestik, penjualan wholesales Daihatsu selama periode Januari - Oktober 2019 mencapai 150.518 unit dengan market share mencapai 17,7 persen. Adapun total penjualan mobil di pasar domestik mencapai 849.609 unit.

Pencapaian Daihatsu ini turun 10,7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sedangkan pasar mobil secara keseluruhan atau nasional mengalami penurunan sebesar 11,7 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS