Mirip Koin, Inilah Otak Ban Pirelli Penghubung ke Internet

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mirip Koin, Inilah Otak Ban Pirelli Penghubung ke Internet
Ban Mobil Pirelli [Unsplash].

Dengan "otak" mirip koin, ban Pirelli terhubung ke internet dan membagi informasi ke kabin sendiri serta mobil lain.

Suara.com - Produsen ban Italia, Pirelli memperkenalkan teknologi terbaru yang mampu menghubungkan ban dengan koneksi internet.

Ban canggih ini, sebagaimana dilansir dari Motor1, mengandalkan teknologi mutakhir sehingga pengemudi bisa memperoleh data terkait kondisi ban pada mobil. Bahkan perusahaan mengklaim, pengemudi juga bisa memantau kondisi jalan yang dilalui atau berbagai faktor lain pada tunggangannya.

Ilustrasi sensor mobil [shutterstock]
Ilustrasi sensor di mobil, juga bisa diaplikasikan di ban [Shutterstock]

Cara kerjanya, Pirelli menanamkan sensor seukuran uang koin pada ban. Sensor ini akan merekam berbagai aktivitas selama berkendara. Informasi yang didapat akan dikirim melalui ECU dan bisa dilihat oleh pengemudi.

Teknologi ini disebut mampu mengurangi risiko kecelakaan akibat hydroplaning ketika ban melintasi jalan yang tergenang air. Selain itu, juga mampu memperingati risiko bahaya dari pengemudi lain di belakang.

Sebelumnya, Pirelli sudah menerapkan sistem ini pada Pirelli P-Zero Trofeo di Audi A8, dan hasilnya ban mampu mendeteksi jalan basah serta menginformasikan data terbaru e Audi Q8 yang ada di belakang mobil, melalui koneksi 5G.

Namun, sampi kini Pirelli belum mengumumkan berapa harga dari ban dengan teknologi terbaru tadi. Juga belum diketahui jenis mobil apa saja yang cocok menggunakan ban ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS