Avanza dan Rush Topang Penjualan Toyota Sepanjang 2019

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Avanza dan Rush Topang Penjualan Toyota Sepanjang 2019
Sebuah Toyota Rush dipamerkan di Manila, Filipina [Shutterstock]

Di tengah kelesuan pasar otomotif, perolehan Toyota cukup menarik. Didominasi Avanza serta Rush.

Suara.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan wholesales sebanyak 333.200 unit sepanjang 2019 dan retail sales sejumlah 332.800 unit.

Pencapaian Toyota sepanjang 2019 ini adalah gabungan dengan merek Lexus. Khusus merek Toyota sendiri tercatat sebesar 331.700 unit (wholesales) dan 331.500 unit (retail sales).

All New Toyota Avanza [Dok PT Toyota Astra Motor].
All New Toyota Avanza [Dok PT Toyota Astra Motor].

"Kami berterima kasih atas kepercayaan pelanggan kami untuk tetap memilih Toyota sebagai kendaraan pribadi mereka," ujar Fransiscus Soerjopranoto yang menjabat sebagai Executive General Manager PT TAM hingga akhir Desember 2019.

Lebih lanjut, lelaki yang kini menempati posisi baru sebagai Executive General Manager Toyota Training Center ini mengungkapkan, di tengah kelesuan pasar yang turun sekitar 13-15 persen, penurunan Toyota masih kecil dibandingkan penurunan pasar itu sendiri. Sehingga market share Toyota berhasil mencapai angka sekitar 32 persen.

"Hal ini tentu saja tidak lepas dari kesuksesan pengenalan Avanza di awal 2019 dan Rush yang terus mendapatkan kepercayaan sebagai MPV dan SUV sesuai dengan selera konsumen dan kondisi geografis Indonesia," terang Fransiscus Soerjopranoto.

Berdasarkan data yang dipaparkannya, Avanza berhasil mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 86.300 unit sepanjang 2019. Sementara Rush terjual sebanyak 61.500 unit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS