Carlos Ghosn Lolos, Nissan Percepat Rencana Pisah dari Aliansi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Carlos Ghosn Lolos, Nissan Percepat Rencana Pisah dari Aliansi
Nissan X-Trail. Sebagai ilustrasi salah satu produk Nissan [Dok Nissan Motor Corporation].

Para eksekutif senior Nissan dikabarkan terus mempercepat pemutusan kemitraan aliansi dengan Renault. Ada apakah?

Suara.com - Dugaan penyalahgunaan kekuasaan yang menimpa mantan bos Nissan, Carlos Ghosn sepertinya bakal membuat aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi pecah.

Pasalnya baru-baru ini, para eksekutif senior Nissan dikabarkan tengah mempercepat rencana perpisahan dengan mitra aliansinya, Renault.

Financial Times menyebutkan bahwa Nissan berencana melakukan pemisahan total pasca perubahan baru di dewan perusahaan. Selain itu, kaburnya Carlos Ghosn dari Jepang membuat tekad perusahaan semakin kuat.

Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Perancis [Shutterstock].
Carlos Ghosn dalam pameran otomotif di Prancis [Shutterstock].

"Kami tidak bisa bertahan hidup jika kami tidak bergerak cepat sekarang," ujar Jean-Dominique Senard, President Renault-Nissan dalam sebuah wawancara, seperti dilansir dari Carscoops.

Sejauh ini memang belum ada keterangan resmi terkait rencana Nissan memisahkan diri dari aliansi. Sebab, seperti diketahui Renault adalah pemegang saham terbesar Nissan dan mereka telah berupaya memperbaiki kemitraan.

Sumber lain menambahkan, bahwa Makoto Uchida, CEO Nissan yang baru diangkat telah menyepakati kerja sama untuk meluncurkan projek-projek bersama. Namun Makoto Uchida dikabarkan gagal membangun kembali kepercayaan terhadap aliansi.

Sementara itu, para eksekutif Jepang dikatakan sedang mencari tahu apa yang didapat Nissan dari aliansi. Apa yang diperlukan untuk menyediakan teknik dan manufaktur secara mandiri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS