Kegiatan Otomotif di Gurun Arab Saudi Usai, Ini Juara Reli Dakar 2020

RR Ukirsari Manggalani
Kegiatan Otomotif di Gurun Arab Saudi Usai, Ini Juara Reli Dakar 2020
Pebalap tim Kamaz, Andrey Karginov bersama tim Kamaz keluar sebagai juara reli Dakar 2020 kategori truk setelah menyelesaikan etape 12 di Qiddiya, Arab Saudi, Jumat (17/1/2020) [ANTARA/HO/DPPI Media].

Jumlah finisher di kejuaraan Reli Dakar 2020 membuktikan betapa kerasnya medan pertarungan di Gurun Arab Saudi.

Suara.com - Para penggemar salah satu cabang olah raga otomotif paling brutal di dunia, Reli Dakar 2020, terutama yang menonton langsung di Arab Saudi bakal segera bertolak pulang. Pasalnya, acara endurance off-road di medan padang pasir itu telah rampung digelar.

Digelar perdana di Kerajaan Arab Saudi setelah sebelumnya dipentaskan di rute Reli Paris - Dakar, dan di Amerika Selatan dengan nama Reli Dakar, gelaran pada 2020 ini menempuh rute di atas 7 ribu km, dari pesisir Laut Merah di Jeddah menuju lembah dan bukit di bagian barat Arab Saudi serta gunung pasir "Wilayah Kosong" di bagian selatan.

Pereli tim Toyota Gazoo Racing (GR), Fernando Alonso di etape VI Dakar 2020 yang menempuh rute dari Ha'il menuju Riyadh sejauh 830 km dengan Special Stage sepanjang 478 km (10/1/2020) [ANTARA/HO/DPPI Media].
Pereli tim Toyota Gazoo Racing (GR), Fernando Alonso di etape VI Dakar 2020 yang menempuh rute dari Ha'il menuju Riyadh sejauh 830 km dengan Special Stage sepanjang 478 km (10/1/2020) [ANTARA/HO/DPPI Media].

Dikutip dari kantor berita Antara, dari sektor roda dua atau sepeda motor, Ricky Brabec (Honda) mencetak sejarah sebagai rider Amerika Serikat pertama yang menjuarai Reli Dakar. Ia mengakhiri kegagalan Honda kurun 31 tahun di reli ketahanan itu, dengan sukses menyelesaikan etape terakhir dari Haradh menuju Qiddiya, Jumat (18/1/2020), 53 detik di belakang juara etape Jose Cornejo, rekannya satu tim. Sementara Pablo Quintanilla (Husqvarna) menduduki posisi runner-up klasemen, dan Toby Price (KTM).

Lantas di kelas roda empat, Carlos Sainz (MINI), veteran dari kejuaraan World Rally Championship (WRC) menang di Reli Dakar buat ketiga kalinya, setelah sukses bersama tim Volkswagen (2010) dan Peugeot (2018).

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Ada usaha keras di baliknya, lewat berbagai latihan dan uji coba, baik secara fisik dan bersama tim," tukas ayahanda dari driver Formula One (F1) Carlos Sainz Jr., itu.

Lalu di posisi kedua, muncul Nasser Al-Attiyah (Toyota), dan juara ketiga direbut oleh veteran Reli Dakar, Stephane Peterhansel (Toyota Gazoo Racing) yang sudah mendulang prestasi di kejuaraan ini sebanyak 13 kali, dan kali ini berpartisipasi ke-31 kalinya.

Dan sebagai catatan di sektor roda empat termasuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV), Fernando Alonso mengakhiri debutnya di Reli Dakar 2020 pada peringkat ke-13.

Di berbagai kategori selain sepeda motor dan mobil, muncul sebagai juara antara lain dari kategori SSV adalah Cassey Currie, kategori quad bike dimenangkan Ignacio Casale, dan kategori truk adalah Andrey Karginov.

Adapun jumlah finisher Reli Dakar 2020 atau Dakar Rally 2020 adalah 234 kontestan dari total peserta 342 tunggangan yang berawal di Jeddah. atau dengan kata lain, pencapaian finish mencapai 68,4 persen. Sebuah angka yang memberikan bukti sulitnya lintasan reli di padang pasir ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS