Perkuat Transformasi Digital, Hankook Tire Gandeng Amazon

RR Ukirsari Manggalani
Perkuat Transformasi Digital, Hankook Tire Gandeng Amazon
Hankook Tire buka pusat penelitian ba. Sebagai ilustrasi pencapaian Hankook dalam teknologi canggih [Dok Hankook]

Asyik, lewat layanan Amazon, Hankook Tire kembangkan temuan ban baru dan meningkatkan sektor bisnis.

Suara.com - Di dunia otomotif, nama Hankook Tire sebagai produsen ban tergolong kondang. Mulai mobil standar kelas passenger cars, ranah modifikasi, hingga balap, kehadirannya kental terasakan.

Bahkan di bagian yang disebut terakhir tadi, Hankook berkiprah untuk Asian Le Mans Seris, Super GT, Formula 3 Euroseries, sampai menjadi penyandang dana untuk Scottish Rally Championship, serta jawara Formula Drift yang menjadi juara dunia drifting tiga kali.

Kini, dalam rangka meningkatkan inovasi produknya, Hankook Tire bermitra dengan penyedia layanan komputasi Clouds Amazon Web Services (AWS). Kerja sama ini dilakukan demi pemanfaatan teknologi digital penunjang operasional dan bisnis perusahaan seperti Artificial Intelligence (kecerdasan buatan atau AI) sampai big data (mahadata).

Adapun salah satu temuan teknologi Hankook Tire saat ini adalah mengembangkan Virtual Compound Design (VCD), untuk memprediksi karakteristik senyawa dari kompon ban, atau material karet pelapis ban, dan menemukan kombinasi optimal lewat analisa AI. Nah, dengan hadirnya AWS, Hankook bisa menyimpan, memproses, dan menganalisa sejumlah data penting dan berukuran besar seperti yang dihimpun sistem VCD.

"Sejalan dengan langkah Hankook secara global untuk mendorong strategi teknologi, kerja sama dengan AWS ini mampu memperkuat upaya tujuan kami," papar Soo Il Lee, Chief Operations Officer Hankook Tire.

"Penerapan sistem AWS pada proses operasional kami menjadi wujud komitmen Hankook Tire terhadap inovasi produk dengan keterlibatan teknologi lebih lanjut, dalam inti bisnis Hankook sebagai perusahaan otomotif global terkemuka," imbuhnya.

AWS sendiri menyediakan platform yang aman dan dapat diandalkan untuk analisis data berjumlah besar bagi para pelaku industri manufaktur yang ingin mengembangkan bisnis baru.

Method-2, robot dua kaki berawak asal Korsel dipamerkan di laboratorium Hankook Mirae Technology di Gunpo, Seoul, pada Selasa (27/12) [AFP/Jung Yeon-Je].
Method-2, robot dua kaki berawak asal Korsel dipamerkan di laboratorium Hankook Mirae Technology di Gunpo, Seoul, Korea Selatan. Sebagai ilustrasi segi teknologi milik Hankook [AFP/Jung Yeon-Je].

Melalui kolaborasi dengan AWS, Hankook secara aktif akan memperkenalkan solusi digital berteknologi tinggi seperti learning platform "Amazon SageMaker", yang ditujukkan memperkuat kerja sama antara Hankook dan AWS dalam mengembangkan ban berkualitas terbaik.

Amazon SageMaker adalah sebuah layanan terorganisir yang menyediakan kemampuan untuk mengembangkan, melatih, dan menerapkan model machine learning lebih cepat, bagi para developer dan data scientist di organisasi perusahaan.

SageMaker pun memangkas proses rumit dari tahapan machine learning guna memudahkan proses pengembangan model berkualitas tinggi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS