Wah, Mobil Listrik Volkswagen Ternyata Sudah Ada Sejak Lama

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Wah, Mobil Listrik Volkswagen Ternyata Sudah Ada Sejak Lama
Mobil listrik VW di Frankfurt Motor Show 2017 [Shutterstock].

Ada sejak 1970-an, simak mobil listrik Volkswagen yang diterapkan pada model ini.

Suara.com - Tren mobil listrik di industri otomotif terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan saat ini hampir seluruh produsen otomotif roda empat berlomba untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan itu.

Meski baru populer dalam beberapa tahun belakangan, Volkswagen (VW) ternyata menawarkannya sejak 1970-an. Produsen otomotif asal Jerman ini memulainya dari produk Bulli dan Beetle yang dikembangkan langsung oleh divisi pengembangan mobil listrik.

Ilustrasi mobil listrik VW. (Telegraph)
Ilustrasi mobil listrik VW [Telegraph].

Melansir Carscoops, divisi pengembangan VW pertama kali menyajikan prototipe mobil listrik pikap pada 1972. Tidak lama kemudian perusahaan otomotif yang berpusat di Wolfsburg ini mulai melakukan produksi.

Kendaraan berbobot 2.170 kg terbilang sangat besar bila dibandingkan dengan kendaraan saat ini. Baterainya sendiri sudah menyumbang bobot 880 kg.

Dengan kapasitas yang dimiliki, baterai mampu menyimpan tenaga sebanyak 21.1 kWh dengan jarak tempuh hingga 85 km kala itu.

Saat itu, VW datang dengan stasiun penggantian baterai di Tiergarten, bekerja sama dengan Rhenish-Westphalian Electricity dan kemudian General Electric Street Vehicle, di mana unit dapat ditukar dengan yang terisi penuh hanya dalam 5 menit.

Alternatif lainnya adalah mengisi baterai dari Varta, menggunakan antarmuka di belakang kendaraan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS