Test Drive Suzuki XL7: Benarkah Postur Tambah Tinggi Berpotensi Limbung?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Test Drive Suzuki XL7: Benarkah Postur Tambah Tinggi Berpotensi Limbung?
Buritan Suzuki XL7 dengan emblem serta lampu buritan desain baru [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Ini pengalaman seru Suara.com menjajal produk kelas tertinggi Suzuki XL7. Sebuah pembuktian postur vs kecenderungan limbung.

Suara.com - Beberapa pekan silam (15/2/2020), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki XL7 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kehadirannya meramaikan pertarungan di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV).

Suara.com berkesempatan untuk menjajal performa dari produk penantang Xpander Cross dan Toyota Rush ini sepanjang hari. Berikut adalah beberapa poin menarik yang ditawarkan oleh Suzuki XL7 tipe Alpha sebagai varian tertinggi.

Bagian haluan Suzuki XL7 dengan grille menawan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Bagian haluan Suzuki XL7 dengan grille menawan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Eksterior

Secara tampilan, Suzuki XL7 memiliki tampilan eksterior yang macho, dibandingkan dua saudaranya. Hal ini terasa kental, berkat beberapa tambahan yang disematkan produsen otomotif berlogo S ini.

Di sini Suzuki XL7 tampak memiliki desain wajah baru beserta bentuk lampu utama yang sudah LED, grille, dan bumper anyar.

Selain itu, beberapa tambahan lainnya juga sukses mengubah karakter mobil menjadi SUV bergaya sport. Sebut saja penyematan roof rail, over fender hitam, spoiler belakang (Alpha), desain velg baru yang kini berdiameter 16 inci--sebagai catatan, Ertiga memiliki dimensi 15 inci--serta beberapa revisi pada bagian buritan yang membuatnya berbeda.

Tidak ketinggalan, produk yang dirakit secara lokal di pabrik Suzuki Cikarang ini memiliki dimensi yang lebih lapang dari Ertiga. Panjang keseluruhan adalah 4.450 mm (betambah 55 mm) dengan lebar 1.775 mm (bertambah 45 mm), tinggi 1.710 mm, wheelbase 2.740 mm dan ground clearance 200 mm (bertambah 20 mm).

Dengan posisi ground clearence yang bertambah tinggi, nyatanya mobil tidak terasa limbung saat dikendarai. Bagian suspensi juga masih terasa cukup nyaman.

Walaupun dalam hal ini tim Suara.com merasakan sedikit bumpy ketika melibas jalanan rusak. Toh tidak terasa begitu mengganggu, karena bantingan yang dirasakan tidak begitu berlebih.

Jadi dengan posisi mobil mobil yang lebih tinggi, Suzuki XL7 masih menawarkan kenyamanan di dalam kabin. Selain itu pengendara akan lebih percaya diri ketika menemui jalan yang tidak rata selama perjalanan.

Laman berikut adalah review Suara.com untuk interior dan fitur keselamatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS