Aktivitas Pabrik Masih Berjalan, Honda Pantau Perkembangan COVID-19

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Aktivitas Pabrik Masih Berjalan, Honda Pantau Perkembangan COVID-19
Honda Mobilio versi penyegaran 2019. Ilustrasi salah satu produk Honda [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Hingga saat ini, produksi mobil Honda di Tanah Air masih berjalan meski Indonesia dilanda pandemi COVID-19.

Suara.com - Industri otomotif menjadi salah satu sektor yang terdampak wabah Virus Corona atau COVID-19. Di beberapa negara, banyak pabrikan yang mengambil keputusan untuk menghentikan sementara seluruh aktivitas produksi. Atau sederhananya menggembok pabrik dan.

Lalu bagaimana dengan pabrikan mobil di Indonesia?

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek Honda menyatakan masih terus menjalankan aktivitas pabrik.  Hanya, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan bahwa ke depannya tidak menutup kemungkinan keputusan berubah dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri ulang tahun PT Honda Prospect Motor (HPM) ke-20 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). [Dok Honda Prospect Motor]
Ulang tahun PT Honda Prospect Motor (HPM) ke-20 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Sebagai ilustrasi pabrik Honda [Dok Honda Prospect Motor]

"Untuk sementara ini pabrik masih berjalan untuk memenuhi pasar domestic dan ekspor. Namun seperti kita ketahui bersama, kondisi berubah setiap saat, karena itu kami melakukan beberapa prosedur sesuai dengan kondisi terkini yang tentunya mengikuti anjuran pemerintah," ujar Yusak Billy saat dihubungi melalui pesan elektronik.

Namun tambahnya, pihaknya saat ini terus mengamati kondisi terkait dampak COVID-19. Salah satunya adalah pasokan komponen.

Walaupun sejauh ini pasokan masih cukup aman, tetapi jika dampak COVID-19 berkepanjangan, bukan tidak mungkin aktivitas akan terganggu.

"Saat ini masih aman, namun kami close monitoring sekarang. Pasti akan melakukan tindakan secepat mungkin, mengikuti kondisi terkini," terangnya.

Sementata itu, pabrik Honda di Amerika Serikat dikabarkan telah menutup sementara pabriknya di Amerika Utara mulai 23 Maret 2020.
Dan tak sebahas produksi mobil saja, pabrik pembuat transmisi serta mesin Honda di Amerika Utara juga ikut dihentikan sementara.

Langkah ini dilakukan selain mencegah penyebaran COVID-19 juga sebagai antisipasi penurunan penjualan mobil Honda. Honda rencananya akan memulai kembali produksinya pada 31 Maret 2020.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. Jangan lupa, terapkan pula usaha tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS