Waspada Corona, Toyota Berlakukan Shift untuk Aktivitas Produksi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Waspada Corona, Toyota Berlakukan Shift untuk Aktivitas Produksi
Toyota C-HR yang mewakili selera kaum milenial. Sebagai ilustrasi salah satu produk Toyota [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Respon atas imbauan pemerintah untuk putuskan rantai Covid-19, ini yang dilakukan Toyota.

Suara.com - Merespon imbauan pemerintah tentang physical distancing dalam mencegah penyebaran pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai melakukan sistem shifting terkait aktivitas produksi.

Direktur Administrasi dan Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam mengatakan bahwa sebagai bentuk proteksi bagi karyawan dan pemangku kepentingan lainnya dari penyebaran infeksi Covid-19, saat ini pihaknya secara bertahap telah melakukan aktivitas sesuai arahan pemerintah.

Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah. (Dok. Daihatsu Astra Motor)
Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah. Sebagai ilustrasi pabrik Toyota (Dok. Daihatsu Astra Motor)

"Kebijakan Work From Home (WFH), penyesuaian dan pengaturan shift produksi di pabrik-pabrik kami meminimalisasi operasional, melakukan penyediaan sarana transportasi, dan meningkatkan kesadartahuan karyawan tentang Covid-19. Sehingga karyawan dapat menjadi agent of change di tempat kerja dan lingkungannya," demikian jelas Bob Azam dalam keterangannya.

Sebelumnya PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pabrikan pembuat mobil Honda di Indonesia juga mengambil keputusan menghentikan sementara aktivitas pabrik di tengah pandemi Covid-19.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan bahwa perusahaan akan menghentikan kegiatan selama dua pekan.

"Berdasarkan kondisi dan pertimbangan terkini, kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi kami selama dua pekan. Kami baru akan memulai kembali 13 April 2020," kata Yusak Billy, saat dihubungi melalui pesan singkat.

Dan sebagai tambahan, Billy Yusak menyatakan pihaknya sudah melakukan penyesuaian tingkat produksi dengan permintaan pasar.

"Karena situasi pasar yang berubah dengan cepat, kami terus menyesuaikan strategi kami untuk memenuhi permintaan pelanggan sambil tetap menjaga kondisi stok level yang sehat," pungkas Yusak Billy.

Sebelumnya, lewat keterangan Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor bahwa pihaknya memperlakukan 1 shift demi keselamatan karyawannya dari Covid-19.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. Jangan lupa, terapkan imbauan tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS