Perjalanan Glenn Fredly Bersama Jeep Willys

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perjalanan Glenn Fredly Bersama Jeep Willys
Glenn Fredly bersama Jeep Willys [Instagram: @glennfredly309 foto @crist.tarigan].

Sebelum berpulang, penyanyi legendaris Glenn Fredly unggah momen bersama Jeep Willys.

Suara.com - Salah satu biduan bersuara emas milik Indonesia, Glenn Fredly atau lengkapnya Glenn Fredly Deviano Latuihamallo berpulang ke rumah Bapa pada 8 April 2020. Dari berbagai unggahan foto di akun Instagram pribadinya, tampak lelaki yang akrab disapa Kaka Glenn ini mengendarai sebuah Jeep Willys.

Berlatar belakang hamparan padang dan ruas jalanan nan panjang, kelahiran Jakarta, 30 September 1975 itu tampak sangat menikmati perjalanan dari balik kemudi. Tertulis sebagai keterangannya adalah, "Perjalanan," dan diunggah 11 Desember 2019.

Glenn Fredly saat melakukan carpool, dengan bintang tamu Ari Wibowo [Instagram @glennfredly309].
Glenn Fredly saat melakukan carpool, dengan bintang tamu Ari Wibowo [Instagram @glennfredly309].

Seperti diketahui, Jeep Willys adalah simbol kendaraan dari Perang Dunia Kedua yang diciptakan pertama kali pada 1941. Mobil ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company.

Menilik sejarah, Jeep Willys menjadi mobil pertama Jeep khusus yang dibuat atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pasukan negara itu.Adapun spesifikasinya diharuskan memiliki daya angkut 272 kg, ground clearance kurang dari 914 mm, bobotnya total 590 kg, serta sistem penggerak penggerak empat roda atau All-Wheel Drive (AWD).

Infografis Glenn Fredly meninggal dunia dan catatan perjalanan hidupnya. [Suara.com]
Infografis Glenn Fredly meninggal dunia dan catatan perjalanan hidupnya. [Suara.com]

Akhirnya, Jeep Willys mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Dan terbanyak dihasilkan oleh pabrik Willys-Overland dari Toledo, Ohio, Amerika Serikat.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit tersisa memiliki kedekatan dengan salah satu panglima perang saat itu.

Hingga kini, Jeep Willys model angkutan perang tentara Amerika Serikat masih digemari. Di Filipina bahkan dijadikan angkutan umum dan diperpanjang lewat proses modifikasi. Di Tanah Air, juga banyak ditemui, termasuk untuk sarana transportasi wisata alam. Seperti yang dijajal Kaka Glenn.

Selain menyetir Jeep Willys saat bersantai, Kaka Glenn juga pernah menciptakan lagu yang kental nuansa otomotif, yaitu "Mobil Mama". Isinya tentang mobil pinjaman dari orangtua, mampu membuat seorang anak muda bisa bergaul dengan rekan-rekannya serta menikmati suasana kebersamaan.

Selamat menempuh perjalanan terakhir, Bung Glenn Fredly!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS