alexametrics

Perilaku Konsumen Otomotif saat Pandemi, Diprediksi Berlanjut

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perilaku Konsumen Otomotif saat Pandemi, Diprediksi Berlanjut
Ilustrasi penggunaan aplikasi dalam smartphone [Unsplash/rawpixel].

Biasa bertatap muka langsung, kini konsumen otomotif gunakan platform digital.

Suara.com - Head of After Sales Marketing & Development Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Ronald Reagan meyakini, akan terjadi perubahan perilaku konsumen saat melakukan perawatan mobil setelah pandemi Virus Corona jenis (Covid-19) berakhir nanti.

Salah satunya adalah kecenderungan pelanggan dalam menggunakan perangkat digital untuk mengakses layanan purna jual.

"Kita bukan bicara soal Covid-19 saja, kita lihat kondisi jalan raya di Ibu Kota sangat macet. Jadi layanan digital bakal sangat membantu. Saat teknisi datang, mereka bisa melakukan hal lain di rumahnya," jelas Ronald Reagan, melalui video conference, baru-baru ini.

Lebih lanjut, katanya, permintaan layanan purna jual kebanyakan dilakukan melalui perangkat digital, yakni mobile apps. Bahkan, pemanfaatan teknologi ini sudah mengalami peningkatan sebelum ada status pandemi.

Baca Juga: Imbas Covid-19, Honda Catat Laba Terendah dalam 4 Tahun Terakhir

Layanan 3S bengkel Mitsubishi Caman, Bekasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Layanan 3S bengkel Mitsubishi Caman, Bekasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Selama April sampai Mei, memang terlihat ada kenaikan signifikan dari kustomer yang mengakses mobile apps. Kurang lebih ada 55 persen pertanyaan dan permintaan servis datangnya dari sana. Lalu yang mengkomunikasikannya lewat media sosial ada 10 persen. Berarti totalnya 65 persen," terang Ronald Reagan.

Selama masa pandemi, PT MMKSI memang masih membuka beberapa dealer di tiap daerah. Namun demikian dealer yang beroperasi tetap melaksanakan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah.

Layanan yang disiapkan selama masa pandemi di antaranya Home and Pick Up Service yang membuat pelanggan tak perlu keluar rumah saat kendaraan perlu perbaikan.

"Beberapa dealer kami sudah mendapatkan izin operasional dari Kemenperin. Dealer buka seperti biasa dan siaga untuk kasus darurat. Di Jabodetabek dan Jawa Barat, sudah ada 52 dealer yang buka," tutup Ronald Reagan.

Baca Juga: Kasihan! Paus Pilot Mati Terdampar di Lebak banten

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar