Merger Bersama Peugeot, Fiat Akan Daftarkan Bisnis Robotika

RR Ukirsari Manggalani
Merger Bersama Peugeot, Fiat Akan Daftarkan Bisnis Robotika
Logo Fiat pada tampilan interior Fiat Punto. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Deny Yuliansari].

Fiat lakukan perluasan bisnis dalam dunia robotika bersama Comau yang bermarkas di Turin, Italia.

Suara.com - Ibarat film, ada perpanjangan kisah beda situasi. Senada dengan Comau, produsen yang bergerak di bidang robotika. Mereka akan melakukan perluasan bisnis, bersama dengan perusahaan otomotif Fabbrica Italiana Automobili Torino atau disingkat sebagai Fiat.

Dikutip dari New York Post, perusahaan Fiat Chysler Automotive atau FCA akan melakukan merger dengan Peugeot dari PSA Group. Sesudahnya, Comau yang bermarkas di Turin, Italia akan digandeng serta didaftarkan Fiat untuk bisnis pembuatan robot. Dan sahamnya akan didistribusikan kepada pemegang saham grup baru.

MATE, salah satu produk Comau Exoskeleton, robot untuk menambah kualitas dan efisiensi pekerjaan saat dipamerkan di Turin, Italia, Februari 2020 [Shutterstock].
MATE, salah satu produk Comau Exoskeleton, robot untuk menambah kualitas dan efisiensi pekerjaan. Dipamerkan di Turin, Italia, Februari 2020. Sebagai ilustrasi produk Comau  [Shutterstock].

Untuk sektor robotika ini, pihak Fiat Chrysler telah menunjuk Paolo Carmassi menjadi  kepala eksekutif baru di Comau. Sebagai catatan, latar belakangnya kurun empat tahun terakhir adalah menjalankan produksi peralatan ilmiah Malvern Panalytical, dari Spectris yang bermarkas di Britania Raya. Lantas sebelumnya, kurun 20 tahun ia berkarya di Honeywell.

Selain itu, juga tertera nama Alessandro Nasi, anggota dewan Exor, sebuah perusahaan holding milik keluarga Agnelli di Italia. Sebagai catatan, bisnis keluarga ini tak lain dimiliki oleh Giovanni Agnelli, salah satu pendiri perusahaan otomotif Fiat yang kini tumbuh menjulang sebagai perusahaan otomotif terbesar Italia, Fabbrica Italiana Automobili Torino alias Fiat.

Akan halnya bentukan Comau yang di-spinoff bersama perusahaan Fiat, Exor menjadi pemegang saham tunggal terbesar dari grup gabungan setelah FCA bergabung dengan PSA.

"Penunjukan ini adalah sebuah langkah maju yang signifikan bagi Comau karena bakal dipersiapkan sebagai perusahaan publik," papar Mike Manley, Chief Executive FCA  dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip New York Post.

Catatan terbaru dari bursa efek, saham Fiat Chrysler mengalami kenaikan sebesar 3,9 persen, menjadi 9,18 dolar Amerika Serikat pada perdagangan sore hari kemarin (1/6/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS