Buka Kembali, Museo Storico Alfa Romeo Pilih Hari Bersejarah Ini

RR Ukirsari Manggalani
Buka Kembali, Museo Storico Alfa Romeo Pilih Hari Bersejarah Ini
Alfa Romeo 158 yang dipajang di Museo Storico Alfa Romeo. Salah satu dari cikal bakal jet darat Formula One (F1) hari ini. Hingga sekarang pun Alfa Romeo masih memiliki tim balap F1 [Shutterstock].

Kebijakan lockdown diangkat, Italia membolehkan fasilitas publik dibuka. Termasuk museum otomotif. Alfa Romeo siapkan ini.

Suara.com - Setelah menerapkan lockdown ketat mengatasi badai Covid-19, negara-negara di Eropa mulai membuka kembali berbagai fasilitas umum. Bahkan sudah membolehkan wisatawan asing datang ke negara mereka. Di antara tempat-tempat itu, salah satunya adalah Museo Storico Alfa Romeo.

Museo Storico Alfa Romeo, seperti dikutip dari situsnya, museoalfaromeo.com adalah gedung berisi aneka memorabilia, benda nostalgia, dan paling terutama adalah mobil-mobil balap serta passenger car koleksi Fiat Chrysler Automobiles (FCA) ikut membuka pintu.

Bos Tim F1 Alfa Romeo Frederic Vasseur diapit kedua pebalapnya Kimi Raikkonen (kanan) dan Antonio Giovinazzi pada peluncuran mobil untuk Formula 1 2019 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Senin (18/2/2019). [AFP/Lluis Gene]
Bos Tim F1 Alfa Romeo Frederic Vasseur diapit kedua pebalapnya Kimi Raikkonen (kanan) dan Antonio Giovinazzi pada peluncuran mobil untuk Formula 1 2019 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Senin (18/2/2019). [AFP/Lluis Gene]

Di era new normal atau tata baru normal ini, Museo Storico Alfa Romeo yang berlokasi di Arese, tak jauh dari Milan, Italia, memilih buka kembali bagi khalayak pada 24 Juni 2020 atau dalam dua hari mendatang. Alasan khususnya adalah, hari itu bertepatan dengan ulang tahun ke-110 dari brand Alfa Romeo.

Untuk sementara, jam buka adalah 24 - 28 Juni, pukul 10.00 - 18.00 waktu setempat. Kemudian pekan sesudahnya, hanya akan buka Sabtu dan Minggu. Setiap pengunjung wajib membeli tiket 12 Euro per orang.

Dan lebih penting lagi, aturan ketat protokol kesehatan tentang Covid-19 diterapkan. Karena itu, di situsnya dituliskan: Museum hanya akan menerima sejumlah orang tertentu untuk memastikan jarak 1 m antara satu orang dan berikutnya. Setelah jumlah maksimum tercapai, staf museum akan meminta semua pengunjung lain menunggu dan melakukan physical distancing minimal 1 m.

Selain itu, baik staf maupun pengunjung wajib diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk. Bila kedapatan angkatnya di atas 37,5 derajat Celsius atau lebih tinggi, sudah pasti ditolak aksesnya.

Demikian pula urusan masker, seluruh pengunjung diminta mengenakan masker medis dan sarung tangan disposable. Dan hand sanitizer disediakan pihak museum.

Hal lain yang berpotensi terjadi penularan, seperti pembayaran tiket, bila bisa dilakukan contactless. Juga sarana bioskop 4D ditutup. Diharapkan pula pengunjung membawa tas kecil seperlunya, mengingat locker penyimpanan tas bagi tamu tidak tersedia saat ini. Sedangkan akses hanya menggunakan jalan kaki. Lift diperuntukkan bagi penyandang cacat.

Namun di balik semua protokol kesehatan super ketat itu, pihak museum juga menyiapkan serangkaian kejutan. Misalnya, backstage yang menyediakan 150 unit mobil pamer, bongkah-bongkah mesin mobil termasuk yang dipakai di ajang balap Formula One atau F1, bidang aeronautika, sampai kelautan. Juga ada koleksi piala, sampai berbagai karya seni rupa.

Khusus di hari pembukaan kembali, yaitu Rabu lusa (24/6/2020), para pemilik Alfa Romeo disilakan ikut berparade memamerkan mobil kesayangan mereka. Buat menghindari kerumunan, partisipan diminta konfirmasi terlebih dahulu secara online.

Selamat ulang tahun, Alfa Romeo!

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS