Suzuki Pasarkan Suku Cadang Second Grade, Adakah untuk Roda Dua?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Suzuki Pasarkan Suku Cadang Second Grade, Adakah untuk Roda Dua?
Ilustrasi sparepart otomotif. [Shutterstock]

Suku cadang atau sparepart adalah komponen penting yang mesti tersedia. Suzuki menyebutkan ada kelas second grade. Namun ...

Suara.com - Suku cadang atau spare part menjadi penopang bisnis Suzuki di masa pandemi COVID-19. Meski demikian, terkadang konsumen masih kesulitan mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan karena terbatasnya ketersediaan.

Bila demikian, apakah Suzuki memiliki suku cadang asli dengan kualitas di bawah standar atau second grade untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini?

Christina Yuwantie, Spareparts Department Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan bahwa sebenarnya Suzuki memiliki suku cadang second grade namun tidak untuk semua segmen.

Aktivitas bengkel Suzuki di layanan service Suzuki [Dok Suzuki Indomobil Sales, via ANTARA Foto].
Aktivitas bengkel Suzuki di layanan service Suzuki [Dok Suzuki Indomobil Sales, via ANTARA Foto].

"Untuk suku cadang second grade sebenarnya kami juga memiliki tetapi saat ini lebih ditujukan pada kendaraan komersial seperti angkot," ujar Christina, saat Ngovid bersama Forwot, baru-baru ini.

Ke depannya, Christina Yuwantie mengaku tidak menutup kemungkinan bila ketersedian suku cadang second grade akan diperluas. Hanya, dirinya belum mengungkap kapan rencana ini akan terlaksana.

"Tentunya tidak menutup kemungkinan untuk second grade bagi roda dua," kata Christina Yuwantie.

Selain itu, ia menampik bila suku cadang Suzuki mahal dan sulit dicari. Pasalnya sebelum melakukan peluncuran suku cadang, pihaknya telah terlebih dulu melakukan survey pasar.

"Tidak boleh paling mahal, jadi jika ada konotasi suku cadang Suzuki mahal maka harus mengecek melalui website resmi kami. Terkadang ini adalah permainan dari oknum tertentu," tegas Christina Yuwantie.

Sebelumnya disampaikan bahwa total angka penjualan suku cadang Suzuki baik domestik dan ekspor di semua segmen pada Juni 2020 mencapai angka 92 persen jika dibandingkan periode bulan yang sama pada 2019. Pencapaian ini diklaim meningkat signifikan setelah sempat turun selama tiga bulan berturut-turut pada periode Maret – Mei 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS